• Selasa, 30 November 2021

KEREN! Semua Desa di Pasirwangi Rawan Bencana, Camat Saeful Hidayat Pasang CCTV sebagai Mitigasi Bencana

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:02 WIB
 (zainulmukhtar)
(zainulmukhtar)

INILAHKORAN, Garut - Camat Pasirwangi Saeful Hidayat terus berupaya melakukan berbagai terobosan program dan kebijakan untuk mengoptimalkan pelayanan masyarakat di wilayahnya.

Menurutnya, seluruh desa yang berada di wilayahnya relatif rawan bencana. Untuk itu, dia menerapkan sebuah program mitigasi bencana. Inovasi yang dilakukannya yakni meluncurkan Pasirwangi One Touch Service untuk Program Mitigasi Bencana (Pos Promina).

Belum lama ini, Saeful Hidayat didapuk sebagai pegawai negeri sipil (PNS) berprestasi 2021 pada Katagori Inspiratif dengan iden penerapan activity based costing dalam penyusunan analisis standar belanja.

Baca Juga: Kasus Terus Menurun, Warga Garut Diserukan Tetap Jaga Prokes dan Ikuti Vaksinasi

Saeful Hidayat, menuturkan Pos Promina dirancang sebagai langkah mitigasi untuk menekan dampak bencana di wilayah Kecamatan Pasirwangi yang memang terdapat banyak lokasi rawan terjadi bencana.

Caranya, di lokasi-lokasi rawan bencana tersebut ditempatkan sejumlah closed circuit television (CCTV) berkualitas sangat bagus dengan 32 kali pembesaran (zoom) secara portabel menggunakan tenaga surya. CCTV tersebut akan merekam gerakan tanah atau aliran-aliran sungai yang diperkirakan berdampak terhadap terjadinya banjir bandang.

"Dengan demikian, perkembangan di daerah rawan bencana yang terpantau melalui CCTV tersebut bisa segera diketahui dan diinformasikan kepada masyarakat agar dapat lebih waspada. Baik ketika terjadi pergerakan tanah maupun kenaikan debit air sungai," kata Saeful Hidayat, Selasa 26 Oktpber 2021.

Baca Juga: Bupati-Wabup Garut Dinobatkan Sebagai Orang Tua Asuh Santri

Dikarenakan menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi, CCTV itu juga bisa ditempatkan di area-area yang tidak memungkinkan adanya jaringan listrik.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Why, Dewan Ancam Laporkan Sekdis DPKPP ke APH

Jumat, 26 November 2021 | 20:00 WIB

8.000 Guru Honorer di Garut Masuk Dapodik

Kamis, 25 November 2021 | 22:26 WIB

Risih, Ratusan Ribu Lembing Batu Serang Warga Cirebon

Kamis, 25 November 2021 | 16:10 WIB

Kasus Naik, RS di Garut Kembali Rawat Pasien Covid-19

Kamis, 25 November 2021 | 15:51 WIB
X