• Selasa, 30 November 2021

Di Kabupaten Cirebon, Pentahelix Ending AIDS 2030 Dideklarasikan

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:28 WIB
 (maman suharman)
(maman suharman)

INILAHKORAN, Cirebon - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Cirebon melakukan deklarasi Pentahelix Ending AIDS 2030, Kamis 28 Oktober 2021.

Kepala Sekretariat KPA Kabupaten Cirebon Aip Saripudin menyebutkan, deklarasi tersebut sebagai bentuk kepedulian semua pihak agar pada 2030 mendatang masalah HIV AIDS bisa diselesaikan.

"Kita berharap tahun 2030 nanti berakhirnya epidemi HIV AIDS. Komitmen ini bukan hanya gerakan KPA akan tetapi juga memerlukan dukungan dan kekompakan semua pihak. Jadi KPA tidak bisa berjalan sendiri," kata Aip Saripudin.

Baca Juga: Miliki Kasus Tertinggi se-Jabar, Kota Bandung Bidik Zero HIV/AIDS pada 2030

Aip Saripudin menjelaskan, Ending AIDS 2030 yaitu kembali ke theee-zero. Artinya, tidak ada lagi temuan kasus baru HIV AIDS, tidak ada kematian orang dengan HIV AIDS (ODHA), serta tidak ada lagi stigma dan diskriminasi. Setidaknya, ada lima komponen yang akan terlibat yakni unsur akademisi, bisnis, civil society, pemerintahan, dan media.

"Lima unsur ini dilibatkan karena perannya sangat penting. Termasuk peran media itu sangat luar biasa. Jadi kami minta bantuannya kepada pihak media untuk memberikan support pemberitaan," ungkap Aip Saripudin.

Dirinya juga menilai, indikator keberhasilan KPA justru dengan semakin tingginya angka penemuan penderita HIV AIDS. Masalahnya, bukan persoalan mudah melacak penderita HIV AID, karena memang sangat rentan dengan sanksi sosial. Meskipun dirinya belum bisa memberikan data secara pasti, namun dipastikan Kabupaten Cirebon masuk dalam lima besar.

Baca Juga: Dominasi Tetap Kaum Gay, HIV/AIDS di Kabupaten Cirebon Capai 210 Kasus

"Ini kan artinya KPA Kabupaten Cirebon bekerja. Meskipun memang kadang kami kesulitan melakukan tracing. Namun berkat dukungan semua pihak, kami pasti bisa menyukseskan program Pentahelix ini," jelas Aip Saripudin.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Risih, Ratusan Ribu Lembing Batu Serang Warga Cirebon

Kamis, 25 November 2021 | 16:10 WIB
X