• Jumat, 1 Juli 2022

Dua Bulan lagi Akhir Tahun, Vaksinasi Kabupaten Cirebon Baru 40 Persen

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 12:35 WIB
Bupati Cirebon Imron Rosyadi. (Maman Suharman)
Bupati Cirebon Imron Rosyadi. (Maman Suharman)
INILAH, Cirebon - Tingkat vaksinasi Kabupaten Cirebon sampai saat ini masih 40 persen. Padahal akhir tahun tinggal dua bulan lagi.
 
Target Kabupaten Cirebon sendiri harus bisa menyelesaikan 1,7 juta vaksinasi untuk penduduk yang ada di Kabupaten Cirebon, pada tahun ini. Artinya, Pemkab Cirebon masih harus melakukan vaksinasi untuk sekitar 1 juta warganya, pada akhir tahun ini.
 
"Memang kami baru melakukan vaksinasi sekitar empat puluh persenan. Tapi kami optimis, target akan bisa terkejar, meskipun waktu tinggal dua bulan lagi," kata Bupati Cirebon, Imron, Jumat 29 Oktober 2021.
 
 
Imron beralasan, telatnya vaksinasi dikarenakan, beberapa hal. Salah satunya kurangnya stok vaksin yang dimiliki Kabupaten Cirebon. Namun, saat ini stok sudah tersedia dan bisa memenuhi sisa vaksinasi yang jumlahnya masih cukup besar tersebut. Datangnya vaksinpun, pada bulan- bulan ini, atas dorongan pemkab dibantu pihak TNI-Polri.
 
"Persoalan lain kenapa vaksinasi kita masih jauh dari target, karena ada kesalahan data juga. Di beberapa puskesmas itu sudah terdata lebih dari enam puluh persen, tapi ketika dibuka datanya malah kurang. Nanti akan kami perbaiki sistim datanya," ungkap Imron.
 
Hal lain yang membuat pencapaian vaksinasi lambat lanjut Imron, karena ada beberapa desa yang kinerjanya pasif. Masalahnya, puskesmas setempat mau melakukan vaksinasi kalau saja masing-masing kepala desa menganjurkan warganya untuk di vaksin.
 
 
"Kami inginnya akhir tahun ini sudah tercapai seratus persen. Lagi pula data setiap desa itu berbeda. Ada yang sudah tujuh persen tapi ada juga yang masih 20 persen. Jadi kendalanya ini ada di kemauan masing-masing kuwu disetiap desa. Makanya kami sedang mendorong semua kuwu untuk meminta warganya segera di vaksin," jelas Imron.
 
Imron menambahkan, untuk memenuhi target sampai akhir tahun vaksinasi tercapai, harus ada 500 orang setiap harinya yang harus di vaksinasi. Nantinya, di beberapa wilayah akan ada vaksinasi masalah. Kalau setiap hari tidak tercapai 500 orang yang di vaksin, otomatis target sampai akhir tahun tidak akan tercapai.
 
 
"Mau tidak mau, setiap hari harus ada lima ratus warga kabupaten cirebon yang harus di vaksin. Ini untuk mengejar target supaya akhir tahun bisa tercapai," tukasnya.*** (maman suharman)
 
 
 
 

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Eks Teroris di Cirebon Diajarkan Budidaya Ikan

Senin, 30 Mei 2022 | 16:01 WIB
X