Curah Hujan Tinggi dan Kerusakan Gunung Kasur Akibatkan Banjir di Pameungpeuk Garut

- Senin, 1 November 2021 | 17:31 WIB
Luapan banjir sungai Cipalebuh di Desa Mandalakasih dan Desa Pameungpeuk Kecamatan Pameungpeuk baru-baru ini. (zainulmukhtar)
Luapan banjir sungai Cipalebuh di Desa Mandalakasih dan Desa Pameungpeuk Kecamatan Pameungpeuk baru-baru ini. (zainulmukhtar)

INILAHKORAN, Garut - Curah hujan tinggi serta kerusakan lingkungan di kawasan Gunung Kasur diduga kuat menjadi penyebab terjadinya luapan banjir sungai Cipalebuh di Desa Mandalakasih dan Desa Pameungpeuk Kecamatan Pameungpeuk baru-baru ini.

Hal itu dikemukakan Sekda Kabupaten Garut Nurdin Yana saat mengunjungi Desa Mandalaksih Kecamatan Pameungpeuk untuk menyerahkan bantuan bagi warga penyintas bencana luapan banjir sungai Cipalebuh di Kampung Leuwisimar dan Kampung Leuwiapu Desa Mandalakasih, Minggu 31 Oktober 2021.

Bencana banjir melanda kedua kampung tersebut terjadi pada Rabu 27 Oktober 2021 menyusul hujan deras di wilayah Pameungpeuk hari itu.

Baca Juga: BPBD Garut: Banjir di Cikajang Akibat Minimnya Resapan Air

Akibatnya, tembok penahan tanah (TPT) di pinggir sungai Cipalebuh runtuh, dan sebanyak 21 unit rumah terendam banjir berketinggian sekitar 70 centimeter selama dua jam. Banyak perabotan rumah tangga milik warga terdampak juga mengalai kerusakan akibat kejadian tersebut.

"Ada beberapa upaya harus dilakukan (terkait bencana banjir luapan sungai Cipalebih). Antara lain reboisasi di wilayah sungai, normalisasi sungai dengan cara melakukan pengerukan sedimen sungai, dan mempertinggi TPT sungai Cipalebuh sepanjang 250 meter yang ada di wilayah Leuwisimar," kata Nurdin.

Dalam kunjungannya, Nurdin menyerahkan bantuan bagi penyintas bencana berupa beras, selimut, perlengkapan mandi, mie instan, dan air mineral.

Baca Juga: Paniknya Warga Garut, Banjir Menerjang saat Presiden Jokowi Datang

Pada kesempatan sama, Camat Pameungpeuk Tatang Suryana menambahkan selain di Kampung Leuwisimar dan Leuwiapu, bencana banjir juga melanda Desa Pameungpeuk. Sejumlah rumah dan ruas jalan di Kampung Kaum Lebak desa tersebut sempat terendam air berlumpur. Sebelum kemudian warga bersama aparat setempat bahu membahu melakukan pembersihan.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Garut Rabu 6 Juli 2022

Rabu, 6 Juli 2022 | 04:45 WIB

Jadwal SIM Keliling Depok Selasa 5 Juli 2022

Selasa, 5 Juli 2022 | 06:10 WIB

Cek Jadwal SIM Keliling Garut Selasa 5 Juli 2022

Selasa, 5 Juli 2022 | 05:10 WIB

Jadwal SIM Keliling Bogor Selasa 5 Juli 2022

Selasa, 5 Juli 2022 | 04:45 WIB
X