Kwarda Pramuka Jabar Bangun Jembatan Gantung Penghubung Jabar-Jateng di Cirebon

Kwarda Pramuka Jabar akhirnya berhasil membangun jembatan gantung penghubung Provinsi Jabar dan Jateng. Lokasinya di Kabupaten Cirebon.

Kwarda Pramuka Jabar Bangun Jembatan Gantung Penghubung Jabar-Jateng di Cirebon
Ketua Kwarda Pramuka Jabar Atalia Praratya Kamil meresmikan jembatan gantung penghubung provinsi Jabar dan Jateng di Cirebon, Kamis 11 November 2021.

INILAHKORAN, Cirebon - Kwarda Pramuka Jabar akhirnya berhasil membangun jembatan gantung penghubung Provinsi Jabar dan Jateng. Lokasinya berada di Desa Kalirahayu Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon.

Jembatan gantung ini menghubungkan dengan desa Limbangan Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Jembatan gantung tersebut, langsung diresmikan Ketua Kwarda Pramuka Jabar Atalia Praratya Kamil, Kamis 11 November 2021.

Baca Juga: Jusuf Kalla Lantik Atalia Praratya Jadi Dewan Kehormatan PMI Jawa Barat

Disaksikan Bupati Cirebon Imron dan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah, Atalia Praratya Kamil secara simbolis melakukan gunting pita. Tidak itu saja, atalia bersama Bupati menjajal kekuatan dengan berjalan kaki menuju wilayah Jawa Tengah.

"Jembatannya cukup kuat karena kami melibatkan tim ahli. Ini sebagai bentuk bantuan kepada masyarakat desa Kalirahayu dan desa limbangan brebes," ucap Atalia Praratya Kamil.

Dia menjelaskan, dibangunnya jembatan gantung tersebut menjadi inspirasi Kwarda Pramuka Jabar. Hal itu setelah melihat kondisi masyarakat sekitar yang membutuhkan jalur transportasi. Selama ini, belum ada jembatan permanen yang menghubungkan dua wilayah beda provinsi, karena dipisahkan oleh sungai yang cukup besar.

Baca Juga: Atalia Ridwan Kamil: Kegiatan Susur Sungai Cileueur Bukan Kegiatan Pramuka

"Warga disini kesulitan karena menghambat akses ekonomi, pendidikan dan sosial. Untuk bisa ke Jawa Tengah dan sebaliknya, harus menyewa perahu secara bergantian. Harusnya memang dibangun jembatan permanen," ungkap Atalia Praratya Kamil.

Anggaran jembatan sendiri lanjutnya, merupakan hibah dari Pemprov Jabar kepada Kwarda Pramuka Jabar. Nilainya sekitar Rp160 juta lebih dan dikerjakan tim ahli bekerja sama dengan masyarakat sekitar. Namun khusus anggota pramuka Kwarda Jabar, ikut membangun jembatan dengan suka rela tanpa ada bayaran.

"Ini adalah aspresiasi tertinggi Kwarda Pramuka Jabar. Alhamdulillah jembatan ini berhasil masuk dalam rekor Muri. Mungkin karena merupakan jembatan gantung terpanjang yang dibangun Kwarda Pramuka Jabar, yang menghubungkan dua provinsi," jelas Atalia Praratya Kamil.***(maman suharman)


Editor : inilahkoran