• Rabu, 26 Januari 2022

Banyak yang Ditangkap, KPK Wanti-wanti ke Anggota DPRD Kabupaten Cirebon

- Jumat, 19 November 2021 | 14:23 WIB
KPK mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Jumat 19 November 2021. (maman suharman)
KPK mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Jumat 19 November 2021. (maman suharman)

INILAH, Cirebon - KPK mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Cirebon. Mereka melakukan sosialisasi pencegahan korupsi terintegrasi kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Jumat 19 November 2021.

Di hadapan anggota dewan yang hadir, Komisi Pemberantasan Korupsi (KP)K meminta supaya mereka berhati-hati dalam melakukan fungsinya. Pasalnya, selama ini banyak anggota dewan yang ditangkap KPK gegera tersandung kasus korupsi.

"Selama ini KPK sudah menangkap 280 anggota dewan diseluruh indonesia, karena terlibat kasus korupsi. Jadi buat anggota dewan disini, tolong berhati-hatilah dalam menjalankan fungsi sebagai anggota dewan," kata Hendra, ketua rombongan tim KPK.

Baca Juga: KPK Minta Para Kepala Daerah Tak Perlu Takut OTT, Kecuali Kalau...

Hendra menjelaskan, dari data yang sudah masuk ada komitmen Bupati Cirebon Imron untuk melakukan perbaikan di Pemkab Cirebon. Untuk itu, tim pencegahan KPK masuk ke dewan, untuk memberikan rambu-rambu supaya fungsi dan tugas anggota dewan berjalan sesuai aturan. Sebab, setelah undang-undang KPK yang baru, program pencegahan menjadi prioritas.

"KPK ingin mengutamakan pencegahan ketimbang tindakan. Namun kalau sudah dilakukan masih melenceng, kita lakukan tindakan. Ini sebagai efek jera. Karena kalau terus melakukan pencegahan tanpa tindakan, mereka pasti tidak akan jera," ungkap Hendra.

KPK juga memastikan ada delapan kelompok mayoritas titik rawan korupsi yang ditangani. Salah satunya masalah pokok-pokok pikiran (Pokir).

Baca Juga: Usai Putusan, Jaksa KPK Langsung Keluarkan Andri dan M Totoh Gunawan

Hendra meminta kepada anggota dewan yang memiliki Pokir agar berhati-hati. Sebab, ada celah apakah Pokir itu untuk kepentingan konstituen atau untuk kepentingan pribadi.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X