• Selasa, 17 Mei 2022

Pilwu Serentak di Kabupaten Cirebon, Ribuan Personel Gabungan Siaga

- Minggu, 21 November 2021 | 13:55 WIB
INILAH, Cirebon- Sebanyak 4.143 personel gabungan disiagakan untuk mengawasi Pemilihan Kuwu atau Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon, Minggu 21 November 2021.
 
Ribuan petugas gabungan itu terdiri dari Polresta Cirebon, Polres Cirebon Kota, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Satpol PP, Linmas, dan elemen lainnya untuk mengamankan Pilwu Serentak 2021.
 
Para petugas gabungan yang mengamankan Pilwu Serentak di Kabupaten Cirebon,  disebar pada sejumlah desa yang menggelar Pilwu Serentak 2021.
 
Tercatat, ada 135 Desa pada 38 kecamatan se Kabupaten Cirebon, yang menggelar Pilwu serentak 2021.
 
 
Namun, dari 135 desa, hanya 112 desa yang masuk ke wilayah hukum Polresta Cirebon.
Sedangkan 23 desa lainnya masuk ke dalam wilayah hukum Polres Cirebon Kota.
 
Hal itu dilakukan dalam upaya meminimalisasi tingkat kerawanan yang mengganggu stabilitas dan kondisifitas wilayah.
 
Demikian dikatakan Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman. Menurutnya, ribuan personel gabungan tersebut diterjunkan untuk mengamankan seluruh agenda Pilwu Serentak 2021 saat ini.
 
 
Pembekalan yang diberikan bagi ribuan anggota tersebut dirasa sudah cukup memadai baik yang bersifat preventif, preemtif dan koordinasi dalam berbagai level kondisi.  
 
“Kami yakinkan seluruh personel telah siap untuk mengamankan Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon. Tahapan pelaksanaan Pilwu sendiri telah berjalan sejak bulan September 2021 lalu hingga Desember nanti,” kata Arif.
 
Arif meminta, semua pihak menjalan tugas dan fungsi seperti yang sudah ditetapkan. Hal itu agar tahapan demi tahapan bisa berjalan aman, nyaman dan damai sehingga kondusifitas daerah bisa tetap terjaga.
 
"Dalam pengamanan, kami lebih  mengedepankan sikap humanis sesuai tageline kepolisian. Meskipun sejumlah tindakan yang sifatnya terukur dan terarah terkadang harus dilakukan. Ini agar semua pihak bisa memahami perihal tupoksi masing-masing," ungkap Arif.
 
 
Kapolresta juga meminta, supaya warga Kabupaten Cirebon bersikap dewasa dalam mengikuti proses Pilwu Serentak 2021.
 
Dia menilai, setiap kompetisi demokrasi harus sudah memahami, kalah dan menang. Apalagi urusan Pilwu Serentak 2021, notabene warga masih satu desa dan tentunya satu sama lain saling kenal. Arif berharap, pendukung yang kalah maupun menang, tetap bisa berdamai.
 
“Insyaallah Pilwu di Kabupaten Cirebon akan berjalan sesuai harapan bersama. Kami akan kawal dalam prosesnya sehingga kondusifitas wilayah tetap terjaga. Tolong semua kondusif dan tidak ada permusuhan antara warga apalagi satu desa,” pintanya.*** (maman suharman)
 
 

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X