• Rabu, 8 Desember 2021

Busyet...Ribuan ASN Kabupaten Cirebon Masuk DTKS, Kok Bisa?

- Selasa, 23 November 2021 | 16:18 WIB
 Kadinsos Kabupaten Cirebon, Iis Krisnandar.  (Maman Suharman)
Kadinsos Kabupaten Cirebon, Iis Krisnandar. (Maman Suharman)

INILAHKORAN, Cirebon – Salah sasaran penyaluran bantuan sosial bukanlah isapan jempol. Di Kabupaten Cirebon, ribuan aparatur sipil negara (ASN) diduga menerimanya karena masuk DTKS Cirebon.

Ribuan ASN masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kabupaten Cirebon. Hal itu ditemukan setelah Dinas Sosial melakukan verifikasi dan validasi (verval) mencari faktualisasi pada data DTKS.

Kepala Dinas Sosial Iis Krisnandar mengatakan, pihaknya saat ini masih terus melakukan verval pada DTKS di Kabupaten Cirebon. Di samping itu, Dinsos masih melakukan konfirmasi ke instansi yang terkait, soal adanya dugaan ASN yang menerima bantuan sosial.

“Jangan sampai ada kekeliruan walaupun sudah tercatat di DTKS. Ini karena kami masih melakukan pendataan, siapa saja ASN yang menerima bantuan sosial,” kata Iis, Selasa, 23 November 2021.

Baca Juga: Status Puskesmas di Kabupaten Cirebon Belum BLUD, Anggaran dari Pusat Rp30 Miliar jadi Silpa

Iis mengaku tidak mengerti kenapa data itu bisa masuk dalam DTKS. Iis menduga, data tersebut masuk melalui program sapa warga sebagai program bantuan Gubernur Jabar. Untuk itu, pihaknya  perlu perlu melakukan verval agar jumlah yang masuk dalam DTKS bisa dipastikan. 

“Belum tentu yang masuk DTKS menerima bansos. Bahkan ada yang berhak tidak dapat bansos dan tidak berhak mendapatkan bansos,” ungkapnya.

Menurutnya, kalau saja ada ASN yang menerima bansos, maka ASN tersebut wajib mengembalikan.  Hanya saja, bagaimana mekanisme pengembaliannya dilakukan.

Baca Juga: Polres Beberkan Kronologis Bandar Narkoba Menabrak Polisi di Tol Palimanan 

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Risih, Ratusan Ribu Lembing Batu Serang Warga Cirebon

Kamis, 25 November 2021 | 16:10 WIB
X