• Sabtu, 4 Desember 2021

Risih, Ratusan Ribu Lembing Batu Serang Warga Cirebon

- Kamis, 25 November 2021 | 16:10 WIB
Akhir-akhir ini, fenomena lembing batu yang datang ke rumah-rumah warga di Kabupaten Cirebon menjelang malam hari yang membuat risih. (net)
Akhir-akhir ini, fenomena lembing batu yang datang ke rumah-rumah warga di Kabupaten Cirebon menjelang malam hari yang membuat risih. (net)

INILAHKORAN, Cirebon – Akhir-akhir ini, fenomena lembing batu yang datang ke rumah-rumah warga di Kabupaten Cirebon menjelang malam hari yang membuat risih.

Binatang kecil mirip walang sangit berwarna hitam ini, membuat risih warga. Hampir seluruh warga di Kabupaten Cirebon mengaku resah dengan kedatangan binatang kecil tersebut. Anehnya, menjelang pagi sampai sore hari, binatang bembing batu hilang dengan sendirinya.

"Datangnya mendekati waktu isya. Kalau lampu sudah mulai menyala, bembing batu itu tiba-tiba datang. Jumlahnya banyak sekali. Saya dan keluarga benar-benar risih," kata Zezen warga Pejambon Kabupaten Cirebon, Kamis 25 November 2021.

Baca Juga: Ihhh, 8 Serangga Menjijikan Ini Bisa Jadi Makanan Anda

Sementara itu, Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Duki menjelaskan lembing batu tidak membahayakan. Binatang kecil berwarna hitam tersebut tidak pernah menggigit. Namun, karena sekali datang jumlahnya ribuan akhirnya membuat panik.

"Serangga lembing batu tidak berbahaya, dan tidak menggigit manusia. Cuman kalau jumlah banyak, ya risih aja. Lagi pula baunya itu cukup menyengat," ungkapnya.

Duki juga menyebutkan, lembing batu tidak berbahaya untuk tanaman. Hanya saja, ketika jumlahnya banyak, cukup mengganggu, khususnya untuk tanaman padi. Pasalnya, tanaman padi bisa rusak. Meskipun bukan kategori hama utama, namun karena sekali datang jumlahnya bisa ratusan ribu, mau tidak mau akan merusak tanaman padi.

Baca Juga: Koki Thailand Sajikan Serangga sebagai Santapan Lezat

"Kita khawatirnya, ke depan ini menjadi hama sekunder. Jadi hama baru. Karena tanaman padi itu, sebagai tanaman inangnya. Kami sedang pikirkan bagaimana cara pencegahannya," ungkap Duki.

Duki menjelaskan, kenapa lembing batu seringkali muncul pada malam hari. Ini karena masuk kategori binatang nokturnal. Yakni binatang yang gemar beraktivitasnya di malam hari. Serta memiliki ketertarikan dengan sinar. Maka, wajar saja ketika seringkali dijumpai dan mendatangi cahaya lampu.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Risih, Ratusan Ribu Lembing Batu Serang Warga Cirebon

Kamis, 25 November 2021 | 16:10 WIB
X