• Kamis, 9 Desember 2021

Minimalisir Gangguan Perjalanan KA, Daop 2 Gandeng DLHK Garut Bersih-bersih Lintasan

- Kamis, 25 November 2021 | 20:23 WIB
Daop 2 Bandung terus melakukan berbagai langkah antisipatif berupa aksi bersih-bersih untuk menekan gangguan perjalanan KA. (Humas Daop 2 Bandung)
Daop 2 Bandung terus melakukan berbagai langkah antisipatif berupa aksi bersih-bersih untuk menekan gangguan perjalanan KA. (Humas Daop 2 Bandung)

INILAHKORAN, Garut - Di musim penghujan ini, Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung terus melakukan berbagai langkah antisipatif berupa aksi bersih-bersih untuk menekan gangguan perjalanan KA.

Manager Humas Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan, kali ini pihaknya menggandeng Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Garut untuk bersih-bersih lintasan di wilayah Kabupaten Garut. Itu dilakukan untuk meminimalisir gangguan perjalanan KA.

Dia menuturkan, beberapa upaya yang dilakukan antara lain penebangan dahan pohon di sepanjang jalur KA yang rawan tumbang dan mengganggu jarak pandang masinis hingga mengakibatkan gangguan perjalanan KA. Selain itu, kegiatan bersih-bersih itu pun melakukan perbaikan drainase di sepanjang jalur KA.

Baca Juga: Daop 2: KAI Miliki Sertifikat Lahan Jalan Anyer Dalam sebagai Aset Perusahaan

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya antisipasi untuk menghindari terjadinya banjir di sepanjang lintasan KA yang disebabkan adanya penyumbatan drainase dikarenakan sampah yang terbawa arus sehingga masuk ke drainase. Selain itu sampah di lintasan kereta api dapat menyebabkan korosif pada prasarana kereta api dan gangguan perjalanan KA," kata Kuswardoyo, Kamis 25 November 2021.

Dia mengakui, sebagai salah satu daerah operasi dengan wilayah yang dipenuhi perbukitan dan kondisi alam lainnya yang menantang bagi operasional KA. Tentunya, itu diperlukan kerja ekstra untuk terus memastikan lintasan jalur KA tetap dalam keadaan aman untuk dilintasi KA.

"Upaya peningkatan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api menjadi komitmen Daop 2 untuk terus dilakukan demi kenyamanan para pengguna jasa KA," tambahnya.

Baca Juga: Daop 2 Bandung: Seluruh Calon Penumpang KA Wajib Disuntik Vaksin sebagai Syarat Perjalanan

Selain bersih-bersih, di sepanjang lintasan jalur KA Cibatu-Garut itu pihaknya pun mengimbau secara door-to-door kepada masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah sembarangan. Bersama mereka, Daop 2 memasang spanduk imbauan bertuliskan Dilarang Membuang Sampah di Sepanjang Lintasan KA.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MK Yakin ATP Rampung Bulan Ini

Rabu, 8 Desember 2021 | 16:05 WIB

Kasus Aktif Covid-19 di Garut Kembali Turun

Rabu, 8 Desember 2021 | 15:02 WIB

BumDes Subang borong penghargaan bjb Bungah

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:52 WIB

Kasus Aktif Covid-19 di Garut Turun Jadi 6

Senin, 6 Desember 2021 | 21:30 WIB

Vaksinasi Lansia di Garut Mencapai 60,6 Persen

Minggu, 5 Desember 2021 | 10:18 WIB

Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan ke Yayasan ODGJ Tambun

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:47 WIB

Lima Sembuh, Kasus Aktif Covid-19 di Garut Menurun

Jumat, 3 Desember 2021 | 09:51 WIB
X