• Sabtu, 22 Januari 2022

Banjir Bandang Garut Dipicu Longsor di Desa Cinta dan Cintamanik

- Minggu, 28 November 2021 | 14:54 WIB
Banjir bandang Garut menerjang Kecamatan Karangtengah dan Sukawening, Sabtu kemarin. Ditengarai, longsor di Desa Cinta menjadi pemicunya. (Zainulmukhtar)
Banjir bandang Garut menerjang Kecamatan Karangtengah dan Sukawening, Sabtu kemarin. Ditengarai, longsor di Desa Cinta menjadi pemicunya. (Zainulmukhtar)

INILAHKORAN, Garut - Banjir bandang Garut menerjang Kecamatan Karangtengah dan Sukawening, Sabtu kemarin. BPBD Garut belum merilis mengenai penyebab maupun dampak dari peristiwa tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, banjir bandang Garut itu dipicu longsor di kawasan Desa Cinta dan Cintamanik. Longsor terjadi menyusul curah hujan tinggi mengguyur wilayah Karangtengah dan sekitarnya.

Material longsor tanah tebing bahkan nyaris menyapu permukiman penduduk di bawahnya kalau saja tidak terhadang sebuah aliran sungai. Tanah longsor itu terus terbawa aliran sungai yang debitnya juga meninggi. Akibatnya, banjir bandang pun terjadi.

Baca Juga: Banjir Bandang Karang Tengah, Curah Hujan Masih Tinggi, Pak Camat Tunggu Bantuan BPBD

Peristiwa banjir banjang itu pun menjebol sebuah tanggul sungai Citameng di Kampung Babakan Hurip Karangtengah.
Akibatnya, luapan air sungai itu membawa serta lumpur serta bongkahan pepohonan besar dan bambu maupun beragam sampah langsung meluncur melintasi perkampungan di sejumlah kampung di Karangtengah dan Sukawening.

Sehari pasca banjir bandang itu, warga dibantu relawan, bersama petugas BPBD sibuk membersihkan endapan lumpur serta tumpukan batang pohon dan bambu bekas banjir, Minggu 28 November 2021.

Baca Juga: Baru Saja Banjir Bandang Terjang Karang Tengah Garut, Rumah Warung Hancur, Mobil Hanyut

Sebagian warga dari luar daerah beramai-ramai berdatangan. Mereka ingin melihat-lihat bekas banjir bandang di lokasi kejadian. Sebagian mereka berfoto-foto mau

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIPI Terberat di Cianjur, 2 Lumpuh 1 Meninggal

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:20 WIB

Biadab! Kuli Bangunan di Tangsel Cabuli Bocah 5 Tahun

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:15 WIB

Lokasi SIM Keliling Karawang Kamis 20 Januari 2022

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:30 WIB
X