• Sabtu, 22 Januari 2022

Banjir Bandang Garut, Diduga Kuat Alih Fungsi Lahan Milik 'Pejabat' Jadi Penyebabnya...

- Minggu, 28 November 2021 | 17:29 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum bersama Wabup Garut Helmi Budiman saat meninjau banjir bandang Garut di dua kecamatan, Minggu 28 November 2021. (Zainulmukhtar)
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum bersama Wabup Garut Helmi Budiman saat meninjau banjir bandang Garut di dua kecamatan, Minggu 28 November 2021. (Zainulmukhtar)

INILAHKORAN, Bandung- Mulai terungkap, penyebab utama banjir bandang Garut yang menerjang Kecamatan Karangtengah dan Sukawening.

Sabtu 27 November 2011 sore WIB, banjir bandang Garut membuat panik warga Karangtengah dan Sukawening.

Belakangan, sejumlah kalangan menduga banjir bandang Garut terjadi tak hanya karena curah hujan dalam intesitas tinggi yang melanda Karangtengah dan Sukawening.

Sejumlah tokoh di Karangtengah dan Sukawening menyebut daerah mereka tak pernah diterjang bencana banjir dalam 10 tahun terakhir.

Baca Juga: Banjir Bandang Garut Dipicu Longsor di Desa Cinta dan Cintamanik

"Persisnya mengapa bisa terjadi? Saya enggak tahu. Hanya kalau menurut beberapa pihak, bisa jadi akibat terjadi alih fungsi lahan di kawasan hutan di atas di Karangtengah. Banjir di kami kan banjir kiriman dari daerah sana," kata Kepala Desa Mekarwangi Kecamatan Sukawening Sani, Minggu 29 November 2021.

Di Desa Mekarwangi sendiri, lanjutnya, daerah terdampak banjir bandang itu di Kampung Ciloa yang memang berada di pinggir sungai. Berjarak sekitar 5-8 meter dari bibir sungai Citameng.

Ada sebanyak 38 unit rumah dan satu bangunan masjid sempat terendam banjir berketinggian air sekitar satu meter.

Padahal kalaupun debit air pada sungai dengan tebingnya berketinggian sekitar tiga meter itu naik, airnya tak pernah meluber.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIPI Terberat di Cianjur, 2 Lumpuh 1 Meninggal

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:20 WIB

Biadab! Kuli Bangunan di Tangsel Cabuli Bocah 5 Tahun

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:15 WIB

Lokasi SIM Keliling Karawang Kamis 20 Januari 2022

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:30 WIB
X