• Senin, 24 Januari 2022

Yang Lain Duga Banjir Bandang Garut karena Alih Fungsi Lahan, Rudy Gunawan Bilang Bukan!

- Senin, 29 November 2021 | 16:55 WIB
Sejumlah warga membersihkan sampah dan lumpur sisa banjir bandang Garut yang menjerjang Cilowa, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu 28 November 2021.  (ADENG BUSTOMI)
Sejumlah warga membersihkan sampah dan lumpur sisa banjir bandang Garut yang menjerjang Cilowa, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu 28 November 2021. (ADENG BUSTOMI)

INILAHKORAN, GarutBupati Garut Rudy Gunawan membantah banjir bandang Garut di Kecamatan Sukawening dan Kecamatan Karang Tengah pada Sabtu, 27 November 2021, karena alih fungsi lahan.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyebutkan banjir terjadi karena curah hujan yang tinggi. Meskipun bencana banjir bandang Sukawening dan Karang Tengah sebesar itu baru pertama terjadi di daerah tersebut.

Bupati Rudy Gunawan bahkan mengklaim di kawasan hulu atau wilayah hutan pegunungan di Kecamatan Karang Tengah, tidak pernah terjadi alih fungsi lahan. Banjir kemudian ikut menyapu Sukawening.

Adapun aktivitas masyarakat yang bertanam sayuran di sana, Rudy Gunawan menyebutkan sudah berlangsung sejak lama.

Baca Juga: Banjir Bandang Garut, Diduga Kuat Alih Fungsi Lahan Milik 'Pejabat' Jadi Penyebabnya...

“Jadi yang ada itu adalah hujannya cukup deras,” katanya kepada wartawan.

Sebelumnya, sejumlah pihak menduga banjir bandang menerjang Karang Tengah dan Sukawening itu terjadi akibat adanya alih fungsi lahan di kawasan hutan di sana. 

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan Kepala Pelaksana Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Dani Ramdani juga menengarai bencana banjir bandang tersebut antara lain terjadi akibat adanya kerusakan lingkungan di arah hulu yang merupakan kawasan serapan air. Bukan sekadar karena tingginya curah hujan.

Baca Juga: Banjir Bandang Garut Dipicu Longsor di Desa Cinta dan Cintamanik

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Tangsel Sabtu 22 Januari 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:56 WIB

Jadwal SIM Keliling Karawang Sabtu 22 Januari 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:04 WIB
X