• Senin, 24 Januari 2022

Pemkab Garut Mulai Distribusikan Air Bersih Pasca Banjir Bandang

- Rabu, 1 Desember 2021 | 14:32 WIB
Warga Sukawening, Kabupaten Garut antre untuk mendapatkan air bersih pasca diterjang bannjir bandang. (Zainul Mukhtar/Inilahkoran)
Warga Sukawening, Kabupaten Garut antre untuk mendapatkan air bersih pasca diterjang bannjir bandang. (Zainul Mukhtar/Inilahkoran)

INILAHKORAN, Garut – Pasca banjir bandang di Karangtengah dan Sukawening, Pemkab Garut mulai mendistribusikan pasokan air bersih bagi warga terdampak.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), langsung melakukan pemulihan pasokan air bersih dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) pedesaan terdekat untuk memenuhi kebutuhan warga akan air bersih.

Pasokan air bersih juga didistribusikan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Intan Garut dengan menggunakan mobil tanki, dibantu Dinas Sosial, dan Dinas Pemadam Kebakaran.

Baca Juga: Perjuangan JQR Dirikan Dapur Umum di Wilayah Banjir Bandang Garut, Menuju Lokasi Jalan Kaki

"Juga ada bantuan tandon air dari Balai Infrastruktur Kementerian PUPR di tujuh titik.Masing-masing tandon berkapasitas sekitar 300 liter. Penanganan air bersih ini memang mendesak," kata Kepala Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Satria Budi, Rabu  Desember 2021.

Selain pendistribusian air bersih, pihaknya juga melakukan assesment bagi infrastruktur terdampak banjir bandang yang dianggap masih tersendat.

Sementara upaya pembersihan dan pengangkutan material bekas bencana dilakukan Dinas PUPR serta Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup dengan mengerahkan alat berat.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Banjir Bandang Garut, Tri Rismaharini Bantu Pemkab Dirikan Lumbung Sosial

Sedangkan untuk lokasi yang tak bisa diakses kendaraan alat berat pembersihan material tersebut dilakukan dengan dibantu kendaraan-kendaraan jeep dari komunitas jeep.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Tangsel Sabtu 22 Januari 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:56 WIB

Jadwal SIM Keliling Karawang Sabtu 22 Januari 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:04 WIB
X