Banjir Bandang Selaawi, Rumah dan Pesawahan Terendam di 5 Desa

Banjnir bandang dan longsor menerjang lima desa di Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut dan beberapa rumah serta area pesawahan terendam.

Banjir Bandang Selaawi, Rumah dan Pesawahan  Terendam di 5 Desa
Bencana longsor dan banjir menerjang kawasan Garut bagian utara tepatnya di Kecamatan Selaawi.

INILAHKORAN, Garut – Sebanyak lima desa di Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut terdampak bencana alam banjir bandang dan longsor.

Banjir bandang dan longsor yang menimpa lima desa di Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut terjadi akibat intensitas hujan tinggi dari pukul 14.)) WIB, hingga  pukul 18.00 WIB.

Dari tujuh desa yang ada di Kecamatan Selaawi, sebanyak lima desa terdampak banjir dan longsor. Yakni, Desa Mekarsari, Desa Putrajawa, Desa Selaawi, Desa Samida, dan Desa Pelita Asih.

Selain merendamareal persawahan, banjir juga masuk ke perumahan bahkan pusat keramaian warga tergenang banjir dengan arus cukup kencang.

Baca Juga: Lagi, Garut Dikepung Banjir dan Longsor

Sebuah tebing juga longsor menimpa badan jalan menuju Kampung Parigi. Sehingga akses lalu lintas di ruas jalan tersebut terhambat.  Ruas jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Balubur Limbangan-Kecamatan Selaawi Garut-Cibugel Sumedang bahkan digenangi banjir.

Camat Selaawi Kabupaten Garut, Ridwan Efendi membenarkan terjadinya longsor dan banjir di wilayahnya.

”Ada lima desa dari tujuh desa di Selaawi yang terdampak bencana banjir dan longsor,” katanya.

Baca Juga: Pedagang Pasar Induk Garut Mogok Berjualan Lantaran Harga Daging Ayam Meroket

Ia menegaskan, banjir dan longsor diduga akibat hujan deras yang terjadi di wilayahnya dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB dan menyebabkan beberapa aliran air anak sungai meluap.

”Hingga kini belum ada korban jiwa, namun beberapa rumah terendam di beberapa desa, begitu juga dengan areal pesawahan. Selain banjir, longsor juga menimpa beberapa desa,” ujarnya. (Zainul Mukhtar)


Editor : inilahkoran