PMI Kabupaten Cirebon Bakal Penuhi Kebutuhan 3.000 Lowongan Kerja di Jepang

Pekerja Migran Indonesia atau PMI Kabupaten Cirebon akan mengadu nasib di luar negeri. Tahun ini, ada sakitar 3.000 lowongan kerja di Jepang

PMI Kabupaten Cirebon Bakal Penuhi Kebutuhan 3.000 Lowongan Kerja di Jepang
PMI Kabupaten Cirebon bakal penuhi kebutuhan 3.000 lowongan kerja di Jepang.

INILAHKORAN, Cirebon - Pekerja Migran Indonesia atau PMI Kabupaten Cirebon akan mengadu nasib di luar negeri. Tahun ini, ada sakitar 3.000 lowongan kerja di Jepang.

Untuk itu, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon Siska Karina mengatakan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat bakal mengadakan pelatihan bagi para calon PMI Kabupaten Cirebon pada 2022. Program tersebut bekerja sama dengan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI).

"Untuk tahun ini, lowongan PMI Kabupaten Cirebon sudah dibuka. Jepang membutuhkan 3.000 PMI. Yang dibutuhkan itu bukan kerja sebagai rumah tangga tapi di pabrik," kata Siska saat rapat kerjas bersama DPRD dan Disnakertrans Kabupaten Cirebon, Jumat 14 Januari 2022.

Baca Juga: Cari Lowongan Kerja di Luar Negeri? Calon Pekerja Migran Asal Jabar Bisa Akses JMSC

Dia menyebutkan, adanya kesempatan itu menjadi peluang untuk menekan angka pengangguran yang relatif masih tinggi. Sejuah ini, angka penggangguran di Kabupaten Cirebon terhitung sebesar 10,38 persen.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Kabupaten Cirebon Hartono mengatakan terkait PMI Kabupaten Cirebon itu hingga kini masih terjadi praktik pengiriman nonprosedural atau ilegal tanpa sepengetahuan pemerintahan daerah.

Halaman :


Editor : inilahkoran