Banjir Bandang Selaawi, Rudy Gunawan Siap Perbaiki Rumah Rusak

Bupati Garut Rudy Gunawan menegaskan akan memperbaiki rumah warga yang rusak akibat banjnir bandang yang terjadi di Selaawi.

Banjir Bandang Selaawi, Rudy Gunawan Siap Perbaiki Rumah Rusak
Bupati Garut Rudy Gunawan berjanji akan memperbaiki rumah warga yang rusak akibat banjir bandang di Selaawi.

 

INILAHKORAN, Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan siap memperbaiki rumah warga yang mengalami kerusakan akibat banjir bandang di Kecamatan Selaawi, Kamis 13 Januari 2022.

Seperti diketahui banjir bandang di Selaawi terjadi akibat luapan sungai Cikuya setelah daerah itu dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

"Banyak yang tergenang, ya, dan kita juga nanti kalau yang sangat parah sekali untuk memperbaiki rumahnya dengan membersihkan lumpur, nanti kita, pemerintah daerah akan bantu," kata Rudy Gunawan usai meninjau daerah yang direndam banjir di Kecamatan Selaawi, Jumat 14 Januari 2022 sebagaimana dikutip dari Antara.

Ia menuturkan bencana banjir bandang melanda lima desa di Kecamatan Selaawi setelah hujan deras mengguyur wilayah itu, kemudian air Sungai Cikuya meluap dan menerjang pemukiman rumah warga, Kamis (13/1) petang.

Baca Juga: Banjir Bandang Selaawi Garut, BPBD : 5 Rumah di Desa Putrajawa Terendam

Banjir bandang itu, lanjut dia, hanya menggenangi sejumlah rumah warga, meski begitu tidak ada warga yang harus mengungsi, semuanya sudah bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

"Alhamdulillah bencana kemarin yang terjadi di Selaawi akibat hujan yang sangat deras dan lama tidak terjadi korban jiwa," katanya.

Ia menyampaikan pemerintah daerah telah melakukan upaya penanggulangan untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan masyarakat korban banjir bandang.

Baca Juga: Banjir Bandang Selaawi Terkini, 3 Rumah dan 1 Hektare Sawah Terendam

Kebutuhan yang segera direalisasikan, kata dia, di antaranya memperbaiki fasilitas umum yaitu saluran air bersih yang rusak karena diterjang banjir.

"Kita akan melakukan langkah-langkah cepat, terutama kami akan segera menyediakan saluran air bersih yang terganggu hampir beberapa kilometer yang dibangun oleh desa, kita akan 'drop' kembali oleh pemerintah kabupaten," katanya.

Ia menyampaikan pemerintah daerah juga segera memperbaiki jembatan yang rusak oleh banjir, terlebih kondisi jembatan tersebut sebelumnya memang sudah tidak layak digunakan.

"Kami akan memperbaiki jembatan yang rusak dan mungkin dapat dikategorikan tidak layak lagi dipakai, kami juga akan melakukan asesmen terhadap hal yang berhubungan dengan sawah yang terkena dampak," katanya.

Sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah Garut menyebabkan aliran Sungai Cikuya di Kecamatan Selaawi meluap dan merendam sebagian rumah warga yang tidak jauh dari bantaran sungai. (***)


Editor : inilahkoran