• Senin, 23 Mei 2022

Irigasi Pabedilan Masih Terbengkalai, DPRD Kabupaten Cirebon Tuding PT Longrich Ingkar Janji

- Kamis, 20 Januari 2022 | 15:02 WIB
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon Hermanto menuding PT Longrich mengingkari janji untuk membangun irigasi Pabedilan. (Maman Suharman)
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon Hermanto menuding PT Longrich mengingkari janji untuk membangun irigasi Pabedilan. (Maman Suharman)

INILAHKORAN, Cirebon - Saluran irigasi Pabedilan masih terbengkalai. DPRD Kabupaten Cirebon menuding PT Longrich mengingkari janjinya.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon Hermanto mengatakan, awalnya PT Longrich di Kecamatan Pabedilan itu berjanji akan membangun kembali irigasi Pabedilan yang terputus. Putusnya irigasi Pabedilan itu akibat adanya proses pembangunan perusahaan tersebut.

Dampak irigasi Pabedilan yang terputus itu, areal sawah di sekitar perusahaan mengalami kekeringan. Hermanto menyebutkan, DPRD Kabupaten Cirebon mendapatkan banyak aduan masyarakat di sekitar PT Longrich terkait keringnya lahan pertanian yang menjadi notabene mata pencahariannya.

Baca Juga: DPRD Kabupaten Cirebon Soroti Sejumlah Proyek Dinas PUTR yang Lewat Tahun

"Kekeringan terjadi karena kelalaian PT Longrich. Pihak perusahaan telah mengingkari ucapannya (untuk membangun irigasi Pabedilan) yang dulu pernah disepakati di Kantor Kecamatan Pabedilan saat kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon pertengahan tahun lalu," ujar Hermanto, Kamis 20 Januari 2022.

Dia menuturkan, dalam pertemuan waktu itu PT Longrich berjanji akan secepatnya membangun irigasi Pabedilan karena irigasi terputus akibat adanya pembangunan perusahaan yang memakan lahan puluhan hektare itu.

Baca Juga: Banyak PJU Rusak, DPRD Kabupaten Cirebon Sentil Pemkab

"Tetapi, sampai sekarang pembangunannya belum juga direalisasikan. Sehingga, masyarakat pun mengeluh. Artinya, PT Longrich itu berdusta, gembar-gembor akan segera membangun irigasi. Masalah irigasinya itu kan tanggung jawab PT Longrich," tegas Hermanto.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon akan segera melakukan sidak ke tempat tersebut. Hal itu agar pihaknya mengetahui secara pasti di lapangan. (Maman Suharman)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X