Cirebon Bagian Timur Langganan Banjir, BBWS Cimanuk Cisanggarung Diminta Jangan Cuci Tangan

- Senin, 24 Januari 2022 | 14:41 WIB
Cirebon bagian timur langganan banjir, BBWS Cimanuk Cisanggarung diminta jangan cuci tangan. (Maman Suharman)
Cirebon bagian timur langganan banjir, BBWS Cimanuk Cisanggarung diminta jangan cuci tangan. (Maman Suharman)

INILAHKORAN, Cirebon - Cirebon bagian timur langganan banjir, DPRD Kabupaten Cirebon meminta BBWS Cimanuk Cisanggarung tidak mengambil sikap lepas tangan.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon Mad Soleh mengatakan, Balai Besar Wilayah Sungai atau BBWS Cimanuk Cisanggarung diminta bertanggung jawab. Sebab, banjir itu berkaitan dengan meluapnya sungai Ciberes yang masuk di Cirebon bagian timur langganan banjir setiap tahun.

Untuk itu, Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon mengaku akan memanggil BBWS Cimanuk Cisanggarung waktu dekat. Sebab, akibat meluapnya air di sungai Ciberes itu berimbasnya pada ribuan warga di daerah Cirebon bagian timur langganan banjir.

Baca Juga: BBWS Cimanuk Cisanggarung Diminta DPRD Kabupaten Cirebon Sigap Perbaiki Kerusakan Sungai di Waled

Dia menilai, BBWS Cimanuk Cisanggarung tidak pernah sekali pun melakukan pengerukan alur sungai Ciberes. Sedangkan, DPRD Kabupaten Cirebon diakuinya mengalokasikan anggaran yang besarannya mencapai triliunan rupiah. Saban tahun, wilayah Kecamatan Waled Cirebon bagian timur langganan banjir.

"Keterlalulan BBWS Cimanuk Cisanggarung itu. Apakah mereka buta tidak melihat dengan jelas bahwa setiap tahun sebagian besar wilayah Waled di Cirebon bagian timur langganan banjir. Ini karena meluapnya sungai Ciberes yang notabene wilayah mereka. Kabupaten Cirebon akhirnya yang terkena imbasnya. Buat apa itu anggaran sampai triliunan, sedangkan normalisasi sungai Ciberes saja tidak dilakukan," ungkap Mad Soled, Senin 24 Januari 2022.

Baca Juga: Bupati Cirebon dan BBWS Cimanuk Cisanggarung Bahas Antisipasi Banjir dan Kekeringan

Dia pun geram karena tahun ini Pemkab Cirebon menyediakan anggaran untuk pengerukan sungai Ciberes. Padahal seharusnya, persoalan normalisasi sungai Ciberes harus dibebankan sepenuhnya kepada BBWS Cimanuk Cisanggarung.

"Disinilah bentuk ketidaktegasan Pemkab Cirebon menekan BBWS Cimanuk Cisanggarung, sehingga akhirnya Pemkab mengalah. Padahal kalau mau tegas, Pemkab bisa membawa persoalan ini ke Kemanterian PUPR. Kitanya juga salah. Tidak tegas ketika meminta pertanggungjawaban BBWS Cimanuk Cisanggarung. Masa mereka yang punya wilayah, kita yang kena imbas dan kita juga yang mengeluarkan anggaran. Ini benar-benar tidak adil," jelasnya. (Maman Suharman)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Eks Teroris di Cirebon Diajarkan Budidaya Ikan

Senin, 30 Mei 2022 | 16:01 WIB
X