Dinas Pariwisata Dukung Silayung Park Jadi Desa Wisata Alam Kabupaten Garut

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut siap mendukung pengembangan potensi wisata alam Silayung Park jadi desa wisata

Dinas Pariwisata Dukung Silayung Park Jadi Desa Wisata Alam Kabupaten Garut
Dinas Pariwisata Kabupaten Garut dukung wisata alam Silayung Park jadi desa wisata di Cibatu.

INILAHKORAN, Garut - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut siap mendukung pengembangan potensi wisata alam Silayung Park untuk menjadi desa wisata di Kecamatan Cibatu.

Selama ini keberadaan desa wisata Cilayung Park cukup dikenal dan dikunjungi wisatawan sebagai salah satu objek wisata alam di Kabupaten Garut.

"Rencana kembangkan menjadi desa wisata," kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Budi Gan Gan di Garut sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa 1 Februari 2022.

Baca Juga: Dinkes Majalengka Meminta Warga Kembali Menerapkan Prokes Seiring Naiknya Kasus Covid-19

Ia menuturkan wisata alam Silayung Park memiliki keistimewaan yang menarik dan layak untuk dijadikan destinasi wisata desa di Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu.

Wisata tersebut, kata dia, berada di pegunungan atau dataran tinggi yang menyuguhkan pemandangan alam dan juga memiliki cerita sejarah serta banyaknya batu berukuran cukup besar di daerah itu.

"Lokasi ada di daerah pegunungan atau dataran tinggi jadi view-nya sangat indah, ada bekas jejak sejarah menurut cerita rakyat sekitar, karena di sana banyak batu yang bersebaran lumayan besar," kata Budi.

Baca Juga: Saat Kamu Menerima Ujian dan Masalah, Ustadz Adi Hidayat Mengatakan Karena Itu Kamu Yang Mampu

Ia menyampaikan wisata alam itu sebelumnya sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak 2019, untuk itu perlu ditunjang dengan berbagai fasilitas yang nyaman dan aman bagi pengunjung.

Menurut dia, pengembangan wisata alam itu membutuhkan penguatan kelembagaan pengelola, serta tambahan spot foto kekinian dengan latar belakang pemandangan alam.

Selanjutnya, tambah dia, perlu pembangunan jalan masuk wisata, toilet, penyediaan tempat untuk pedagang makanan atau oleh-oleh, penguatan nama Silayung Park, dan menampilkan seni khas daerah agar lebih menarik.

Baca Juga: 5 Persiapan Bulan Ramadhan Ini Bikin Puasa Kamu Jadi Maksimal dan Pasti Dapat Berkah

"Perlu penguatan seni khas barong Silayung Park sebagai budaya khas di sana dan seterusnya," kata Budi.

Sebelumnya, Bupati Garut Rudy Gunawan bersama jajarannya telah meninjau langsung kondisi wisata alam Silayung Park yang dinilai memiliki potensi menjadi desa wisata karena memiliki daya tarik tersendiri.

"Kita akan perkenalkan satu (program) Dewi (desa wisata), Dewi yang sangat cantik, desa wisata yang sangat luar biasa," katanya. (*)


Editor : inilahkoran