Perda Dana Cadangan Pilkada 2024 Belum Rampung, KPU Kabupaten Cirebon Usulkan Rp259 Miliar

Perda Dana Cadangan Pilkada 2024 belum jelas. Meski demikian, KPU Kabupaten Cirebon sudah memunculkan angka untuk gelaran Pilgub dan Pilbup.

Perda Dana Cadangan Pilkada 2024 Belum Rampung, KPU Kabupaten Cirebon Usulkan Rp259 Miliar
Perda Dana Cadangan Pilkada 2024 belum selesai, KPU Kabupaten Cirebon mengusulkan Rp259 miliar untuk Pilgub dan Pilbup.



INILAHKORAN, Cirebon - Hingga kini, Perda Dana Cadangan Pilkada 2024 belum jelas. Meski demikian, KPU Kabupaten Cirebon sudah memunculkan angka untuk gelaran Pilgub dan Pilbup.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Cirebon Ita Rihpitasari membenarkan Perda Dana Cadangan Pilkada 2024 di Kabupaten Cirebon itu masih belum jelas. Padahal, draft Perda sebagai payung hukum dana cadangan sudah diusulkan ke pihak dewan pada akhir 2021 lalu. Namun, sampai saat ini pihak dewan belum mengesahkan Perda tersebut.

Lantaran hal itu, Ita mengatakan untuk besaran dana cadangan Pilkada 2024 itu masih juga belum jelas. Kendalanya, payung hukum tersebutmasih  menunggu pengesahan dari DPRD. Padahal, Perda Dana Cadangan Pilkada 2024 tersebut ditargetkan rampung sebelum APBD perubahan pada tahun ini diketok palu.

Baca Juga: DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung Barat Targetkan Kemenangan Telak di Pilkada Serentak 2024.

"Akhir tahun lalu sudah kita usulkan ke dewan supaya menjadi prioritas. Target kita itu Perda ini selesai pada bulan Juli-Agustus 2022. Nantinya, jika porsi APBD tersedia bisa dialokasikan untuk dana cadangan Pilkada," kata Ita, Minggu 6 Maret 2022.

Dia menyebutkan, sejumlah daerah di Ciayumajakuning sudah mulai mengalokasikan anggaran untuk dana cadangan Pilkada. Nilainya pun memang beragam, sesuai dengan porsi anggaran dan ketentuan dana sharing dari Pemprov. Syaratnya, sudah menyelesaikan Perda terkait dana cadangan Pilkada.

"Kalau usulan KPU Kabupaten Cirebon angkanya ada Rp159 miliar. Jumlah itu untuk pelaksanaan Pilbup dan Pilgub. Nanti kan ada sharing dari Provinsi," ungkapnya.

Baca Juga: PKS dan Gerindra Kabupaten Bandung Panaskan Mesin Politik untuk Pilkada 2024

Walaupun begitu lanjutnya, proses persetujuan Perda dana cadangan dalam waktu dekat akan bisa terealisasi. Untuk itu, saat ini pihaknya intens memantau perkembangan dari pihak dewan terkait Perda tersebut. Diapun optimis, jika dana cadangan tersebut bisa langsung dianggarkan begitu Perda nya sudah selesai.

"Kalau Perda Dana Cadangan Pilkada 2024 susah selesai, TAPD menransfer anggaran tersebut ke Kesbangpol. Lalu kami serahkan ke penyelenggara Pilkada dalam hal ini KPU Kabupaten Cirebon," ucapnya.

Baca Juga: Pengamat : Besaran Gaji Ade Yasin Tak Jadi Jaminan Modal Maju di Pilkada

Ita menambahkan, kalau melihat jadwal tahapan saat ini kondisinya masih aman. Ita mengaku yakin, Perda tersebut selesai tepat waktu serta tidak akan menggangu pelaksanaan Pilkada.  

"Di Ciayumajakuning ini, ,ungkin Kabupaten Cirebon saja yang Perda Dana Cadangan Pilkada 2024 belum selesai. Semoga bulan April ini bisa terealisasi," tukasnya. (Maman Suharman)


Editor : inilahkoran