• Selasa, 5 Juli 2022

Bentrok Mahasiswa dan Polisi di Cirebon, Aparat Amankan Demonstran Terjebak Pagar Kawat Berduri

- Senin, 11 April 2022 | 16:28 WIB
Mahasiswa Cirebon melakukan adi unjuk rasa. Sempat terjadi bentrokan antara mahasiswa dan polisi dari Polres Cirebon.
Mahasiswa Cirebon melakukan adi unjuk rasa. Sempat terjadi bentrokan antara mahasiswa dan polisi dari Polres Cirebon.
 
INILAHKORAN, Cirebon - Ratusan Aliansi Mahasiswa Cirebon terlibat bentrok mahasiswa dan polisi dari Polres Cirebon Kota, tepat di depan Gedung Pemkot Cirebon, Senin, 11 April 2022.
 
Kejadian bentrok mahasiswa dan polisi di Cirebon berlangsung dalam aksi unjuk rasa menolak presiden tiga periode dan penundaan pemilu serta persoalan pemerintah yang dinilai tidak pro dengan rakyat.
 
Aksi yang dimulai sekitar pukul 15.00 WIB, langsung di warnai saling lempar. Padahal, korlap aksi meminta para pengunjuk rasa untuk tenang. Saat itu, tanda-tanda bentrok mahasiswa dengan polisi di Cirebon mulai terlihat.
 
Aksi saling dorong mulai terjadi saat mahasiswa semakin merangsek maju. Tujuannya, ingin menyampaikan aspirasi mereka di gedung DPRD Kota Cirebon.
 
 
Namun, ratusan polisi dan aparat Brimob di bagian belakang, menahan rangsekan mahasiswa. Akibatnya, aksi saling dorong kembali terjadi. 
 
Saat mahasiswa mulai terdesak, tiba tiba ada pengunjuk rasa yang melemparkan botol air mineral.
 
Tidak bisa dihindari, aksi saling lempar dan saling dorong terjadi. Hingga beberapa pengunjuk rasa yang berada pada barisan depan terlibat aksi baku hantam dengan petugas.
 
 
Karena situasi semakin tidak terkendali, beberapa aparat terlihat tidak bisa mengusai emosinya. Sampai akhirnya, ada satu orang mahasiswa yang terjebak di pinggir kawat berduri. Beberapa petugas menyeret mahasiswa tersebut untuk diamankan.
 
Situasi mulai mereda, saat mahasiswa kembali melakukan konsolidasi. Sedangkan dari atas mobil komando, anggota kepolisian meminta mahasiswa jangan melempar benda apapun termasuk lemparan batu. 
 
Namun entah siapa yang memulai, kembali ada lemparan lembaran botol air mineral ke arah petugas. Karuan saja, hal itu kembali memancing amarah petugas.
 
 
Bentrokan pun kembali tidak bisa dihindarkan. Namun berkat nego petugas dan korlap aksi, mereka akhirnya bisa diajak dialog dan duduk bersama di tengan jalan Siliwangi Kota Cirebon. (maman suharman)
 
 

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Eks Teroris di Cirebon Diajarkan Budidaya Ikan

Senin, 30 Mei 2022 | 16:01 WIB
X