Imbas One Way, Jalur Pantura Cirebon Arah Jakarta Padat

Diduga imbas pemberlakuan one way di jalan tol, Jalur Pantura Cirebon menuju Jakarta dipadati kendaraan, Jumat 29 April 2022.

Imbas One Way, Jalur Pantura Cirebon Arah Jakarta Padat
Jalur Pantura Cirebon menuju Jakarta dipadati kendaraan diduga imbas pemberlakuan one way, Jumat 30 April 2022.
 
INILAHKORAN, Cirebon- Jalur Pantura Cirebon menuju Jakarta dipadati kendaraan Jumat 29 April 2022.
 
Tingginya volume kendaraan di Jalur Pantura Cirebon menuju Jakarta diduga dampak dari penerapan one way di jalur tol bagi kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.
 
Pantauan dilapangan menyebutkan,  kendaraan yang melintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta tidak bisa melewati jalur tol dan dialihkan seluruhnya ke jalur arteri Pantura.
 
 
Terlihat, di Jalan Brigjend Dharsono, Kota Cirebon, lajur kendaraan yang mengarah ke Jakarta tampak dipenuhi mobil pribadi dan bus.
 
Alhasil, arus lalu lintas di jalur tersebut  tersendat, karena kendaraan hanya karena pengemudi hanya bisa memacu kendaraan dengan kecepatan maksimal 40 km per jam.
 
Sedangkan sejumlah pengendara motor banyak menyalip minibus maupun bus yang hampir memenuhi seluruh badan jalan.
 
 
Di sisi lain, antrean kendaraan di jalur Pantura terjadi di beberapa titik sepanjang Jalan Ahmad Yani, Jalan Brigjend Dharsono, Jalan Ir H Djuanda, hingga Jalan Otista.
 
Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP Triyono Raharja, mengakui kepadatan arus kendaraan di jalur Pantura Kota Cirebon merupakan dampak one way yang diterapkan di jalur tol.
 
Selain itu,  banyaknya persimpangan yang jaraknya tidak terlalu jauh di jalur tersebut membuat kepadatan arus lalu lintas terjadi di beberapa titik.
 
 
"Keadaan diperparah oleh kendaraan kendaraan besar dari Jateng menuju Jakarta.  Mereka tidak bisa memasuki tol sehingga dialihkan ke jalur arteri," kata Triyono Raharja.
 
Namun, pihaknya memastikan arus kendaraan di jalur tol yang hingga kini menerapkan one way masih ramai lancar dan tidak ada penumpukan kendaraan.
 
Sementara dari pantauan Jalur Pantura,  arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah relatif lancar, dan tidak sepadat jalur sebaliknya.
 
 
"Untuk batasan pelaksanaan one way di jalur tol menunggu instruksi dari Korlantas Polri.  Sampai sekarang penetapan one  way masih kami lakukan," tukasnya.*** (maman suharman)
 
 


Editor : inilahkoran