Hari Pertama Masuk Kerja Usai Cuti Lebaran 2022, ASN Pemkab Cirebon Langsung WFH

Masuk kerja setelah cuti bersama Lebaran 2022 Pemkab Cirebon langsung menerapkan WFH bagi seluruh ASN sebagaimana imbauan Kapolri

Hari Pertama Masuk Kerja Usai Cuti Lebaran 2022, ASN Pemkab Cirebon Langsung WFH
Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon Hilmi Rivai menyebutkan awal pertama masuk kerja seluruh ASN di Pemkab Cirebon diterapkan WFH.


INILAHKORAN, Cirebon - Imbauan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengusulkan agar instansi pemerintahan menerapkan sistem WFH selama sepekan mulai besok, Senin 9 Mei 2022 langsung ditindaklanjuti Pemkab Cirebon.

Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon, Hilmi Rivai mengaku, senin besok WFH akan di terapkan oleh ASN Pemkab Cirebon.

"Besok sebagian ASN Pemkab Cirebon akan menerapkan WFH. Ini sesuai himbauan Kapolri dan Kemenpan RB. Tapi tidak seluruhnya," kata Hilmi ketika di hubungi lewat sambungan telepon seluler, Minggu 8 Mei 2022.

Baca Juga: Cek Kesiapan Arus Balik di Cirebon, Ini Kata Kapolda Jabar

Hilmi menjelaskan, himbauan Kapolri dan Kemenpan RB memang diserahkan kepada kebijakan masing-masing daerah. Namun Bupati Cirebon, Imron sudah setuju dan meminta disesuai dengan kebutuhan OPD masing-masing. Untuk itu, kalau dinas yang dianggap krusial maka WFH diberlakukan prosentase 70:30.

"Artinya untuk OPD yang krusial tujuh puluh persennya masuk, tiga puluh persennya WFH. Nah untuk OPD yang tidak krusial prosentasinya 50:50," ungkap Hilmi.

Sementara untuk sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan sendiri lanjutnya, libur sampai tanggal 11 Mei. Setelah itu, diputuskan apakah polanya dirumah ke Daring atau kembali pada pola Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Bagaimanapun, Hilmi menilai imbauan tersebut memang sangat relevan karena menyangkut kelancaran arus balik dan masalah kesehatan nasional.

Baca Juga: ASN KBB Tak Hadir Apel Senin Besok, Hengky Kurniawan Siap Beri Sanksi

"Selain mengurai arus kemacetan juga memang berhubungan dengan masalah kesehatan nasional. Tujuannya supaya yang datang dari luar kota di cek dulu kesehatannya, agar tidak terpapar covid-19," ujarnya.

Hilmi menambahkan, besok bupati akan mengeluarkan aturan terkait prosentasi pembagian WFH masing-masing OPD. Namun pelaksanaannya, mulai bsk masing-masing OPD sudah bisa menyesuaikan dan langsung berkoordinasi dengan masing-masing sekretariatan OPD.

"Aturannya senin besok keluar dari bupati. Tapi mulai senin, semua WFH berlaku di masing-masing OPD," terangnya.

Baca Juga: KAI Daop 3 Prediksi Besok Puncak Arus Balik Penumpang Kereta Api di Cirebon

Namun sayangnya, beberapa pegawai yang ada dilingkungan Pemkab Cirebon ketika dihubungi, mengaku tidak mengetahui kalau hari Senin besok, sebagian diberlakukan WFH. Mereka memilih untuk tetap masuk kantor seperti biasa. Alasannya, untuk menghindari adanya sanksi dari dinas itu sendiri.

"Mendingan masuk kantor saja dari pada disanksi. Mending kalau kebagian WFH, kalau tidak saya sendiri yang rugi," kata beberapa pegawai yang enggan disebutkan namanya. (maman suharman)


Editor : inilahkoran