Kepada Perangkat Daerah, Rudy Ingatkan Harus Paham Soal Ini di Pedesaan

- Selasa, 24 Mei 2022 | 20:20 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan mengingatkan perangkat daerah termasuk perangkat desa harus memahami pengelolaan keuangan desa. (Zainul Mukhtar)
Bupati Garut Rudy Gunawan mengingatkan perangkat daerah termasuk perangkat desa harus memahami pengelolaan keuangan desa. (Zainul Mukhtar)

INILAHKOARAN, Garut- Bupati Garut Rudy Gunawan mengingatkan perangkat daerah termasuk perangkat desa harus memahami pengelolaan keuangan desa.


Pemahaman tersebut diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan.

Karenanya, kepala desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut maupun Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) tidak perlu ragu mengeluarkan anggaran dalan penyelenggaraan kegiatan yang mampu meningkatkan kualitas aparatur desa.

Karenanya, Rudy mengapresiasi inisiatif APDESI Garut yang menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa yang digelar Lembaga Pengembangan Aparatur Negara (LEMPANA).

Baca Juga: PPKM di Garut Kembali Turun ke Level 1


"Berapa pun dana yang dikelola desa itu adalah uang negara. Berimplikasi pada hukum. Karena barangsiapa yang melakukan, baik perbuatan melawan hukum atau menyalahgunakan keuangan yang menyebabkan kerugian negara, dua unsur terpenuhi maka sanksinya pidana," kata Rudy saat melepas 230 perangkat desa dari seratus desa di Garut yang mengikuti Bimtek di area Gedung Pendopo, Keccamatan Garut Kota, Selasa (24/5/2022).


Rudy menegaskan, bupati sampai kepala desa tidak memunyai kewenangan dalam pengelolaan uang karena sudah dilimpahkan kepada Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) yang dijabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), serta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diamanatkan kepada bendahara.


"Ini adalah bagian bagaimana kita semua harus paham terhadap itu. Juga di kepala desa. Kepala desa tidak bisa mengeluarkan cek. Saya pun tidak bisa mengeluarkan SPM (Surat Perintah Mencairkan). Tidak bisa menerbitkan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana), karena sudah dilimpahkan," ujarnya.

Baca Juga: Unpar Luncurkan Program Leaders Talk, Patrick Walujo jadi Pembicara Pembuka

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat Jadwal SIM Keliling Depok 6 Juli 2022

Rabu, 6 Juli 2022 | 07:10 WIB

Jadwal SIM Keliling Tangsel 6 Juli 2022

Rabu, 6 Juli 2022 | 06:10 WIB

Jadwal SIM Keliling Garut Rabu 6 Juli 2022

Rabu, 6 Juli 2022 | 04:45 WIB
X