Berkendara Sambil Main Hp, Sebuah Mobil Nyungsep ke Kali di Tebet

Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam menjelaskan pengemudi menerima panggilan masuk. Dia lalu mengambil ponselnya yang disimpan.

Berkendara Sambil Main Hp, Sebuah Mobil Nyungsep ke Kali di Tebet
Mobil Fortuner bernopol B 1611 TJE tercebur ke kali kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

INILAHKORAN, Bandung - Sebuah mobil Fortuner dengan nomor polisi B-1611-TJE nyebur kali di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Polisi menyebut penyebabnya sopir hendak mengambil handphone.

Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam menjelaskan pengemudi menerima panggilan masuk. Dia lalu mengambil ponselnya yang disimpan pada jok sebelah kiri.

“Penyebab kecelakaan menurut keterangan saksi yang berada di dalam mobil, pengemudi hendak mengambil HP yang sedang ada panggilan masuk. Posisi handphone terletak di jok kursi penumpang sebelah kiri, di mana kondisi jalan agak menurun dan menikung,” ujar Jamal dalam keterangannya dikutip Kamis, (23/6/2022).

Baca Juga: Chris Brown Ungkap Keinginan Kuat Berkolaborasi dengan Beyonce, Penggemar Sangat Menantikan!

Saat hendak mengambil HP, sopir langsung hilang konsentrasi. Mobil yang dikendalikan OLP (21) itu menabrak pagar pembatas hingga masuk ke dalam kali Tebet.

“Pada saat yang bersamaan hilang kendali atau konsentrasi, kendaraan oleng dan menabrak pembatas jalan sehingga terjungkil masuk ke selokan air tebet,” jelas Jamal.

Jamal mengingatkan agar masyarakat mematuhi aturan lalu lintas. Berkaca dari kasus tersebut, mengemudi sambil memainkan HP bisa memecah konsentrasi.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan khususnya pengemudi bahwa saat mengemudi dilarang melakukan kegiatan lain yang bisa menyebabkan gangguan konsentrasi salah satunya yaitu menggunakan HP,” ujar dia.

Baca Juga: Fenomena 8 Planet Berjajar Lurus Kembali Terjadi, Warga Bandung Raya Bisa Amati di Waktu Ini

Lebih lanjut, dia menambahkan bahaya mengemudi sembari menggunakan HP, yakni dapat mempengaruhi waktu reaksi manusia.

“Di mana waktu reaksi manusia sekitar 1 – 2 detik untuk memproses informasi dan memutuskan suatu reaksi atau tindakan. Penggunaan HP pada saat mengemudi sangat berbahaya bagi keselamatan,” jelas dia.

“Sebagai contoh dibutuhkan waktu sekitar 1 detik untuk memproses informasi dari mata yang melihat mobil yang mengerem di depan kita sampai otak memutuskan untuk melakukan pengereman,” ungkapnya.***


Editor : inilahkoran