Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Fikom Unisba dan Fisip UMC Jajaki Kolaborasi

Fikom Universitas Islam Bandung (Unisba) jajaki kerjasama dan kolaborasi dengan Fisip Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC)

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Fikom Unisba dan Fisip UMC Jajaki Kolaborasi
Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Unisba,Ike Junita didampingi rombongan perwakilan Fikom Unisba saat bertemu Plt Dekan Fisip yang juga WR 1 UMC M Nana Trisolvena, saat membahas rencana kerjasama Fikom Unisba dan Fisip UMC.

INILAHKORAN.Com,Cirebon- Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Bandung (Unisba) jajaki kerjasama dan kolaborasi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC).

Wacana kolaborasi atau kerjasama Fikom Unisba dan Fisip UMC tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas kedua perguruan tinggi di Jawa Barat tersebut.

Sebagai keseriusan kedua bilah pihak, perwakilan Fikom Unisba dan Fisip UMC menggelar pertemuan di sela agenda roadshow Fikom Unisba, Rabu 29 Juni 2022 lalu.

Baca Juga: Usai Banjir Bandang di Leuwiliang, Pemkab Bogor Pasang Jembatan Darurat

Penjajagan kerjasama antara Fikom Unisba dan Fisip UMC dilakukan ebagai pengembangan perguruan tinggi untuk bisa bersinergi dalam berbagai hal.

Sebagai tahap awal kolaborasi antara Fikom Unisba dan Fisip UMC, keduanya pun membahas sejumlah rancangan kerjasama seperti visiting lecturer, penelitian bersama dan publikasi ilmiah.

Rancanyan kerjasama lain yang juga masuk dalam agenda pembahasan adalah pertukaran mahasiswa MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), kesertaan Ujikom melalui LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi),serta penyelenggaraan konferensi internasional.

Baca Juga: Soal Piala Indonesia 2022-2023, Ketum PSSI Konfirmasi ke Menpora

Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (Unisba), Ike Junita mengungkapkan, beberapa perguruan tinggi di wilayah Jawa Barat menjadi sasaran kerjasama dalam roadshow Fikom Unisba salah satunya adalah Univesitas Muhammadiyah Cirebon.

"Perguruan tinggi saat ini tidak bisa berdiri sendiri. Saling mendukung dalam berbagai kegiatan keilmuan menjadi hal yang akan meningkatkan kualitas akreditasi institusi," papar Dr Ike Junita.

Ike menegaskan, Unisba baru saja meraih predikat akreditasi Unggul dan membuka program S3 Doktor Ilmu Komunikasi tahun ini.

Baca Juga: Apriani Rahayu/Siti Fadia Gembira Rajai Malaysia Open 2022, Apa Kata Mereka?

Dengan capaian tersebut lanjutnya, tentu menempatkan Unisba semakin banyak tantangan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Dekan Fisip yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Cirebon, M Nana Trisolvena menyambut baik rencana kerjasama tersebut.

"Kami mengupayakan kerjasama kelak diutamakan minimal dalam lima hal tadi. Fikom Unisba yang sudah jauh berpengalaman, semoga bisa menjadi partner bagi Fisip UMC yang kini terus berkembang," terang Nana.

Baca Juga: DP3A dan UPTD PPA Kota Bogor Lakukan Penjangkauan Korban Kekerasan Sempur

Nana juga memaparkan tren minat studi di prodi Ilmu Komunikasi dan beberapa prodi lainnya di UMC saat ini terus melesat. Kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas akademis di kedua belah pihak.

Dalam pertemuan tersebut hadir mewakili Fikom Unisba antara lain Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Unisba,Ike Junita, Sekprodi Magister Ilmu Komunikasi Yulianti, Sekprodi S1 Ilmu Komunikasi Indri Rachmawati, Ketua Tim Roadshow, Muh Subur Drajat, serta Tim Pubdok, Wiki Angga Wiksana.

Sementara dari perwakilan UMC dihadiri Plt Dekan Fisip yang juga menjabat WR 1 UMC M Nana Trisolvena, Ka Biro Humas UMC Ahmad Yusron, Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi dan D3 Humas Ida Riaeni, serta Kaprodi S1 Ilmu Pemerintahan Agus Rianto.***


Editor : inilahkoran