MUJ ONWJ Tanam 5.000 Mangrove di Pesisir Utara Subang

Sebanyak 5.000 mangrove ditanam PT MUJ ONWJ di kawasan pesisir utara Subang. Aksi itu bagian dari puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

MUJ ONWJ Tanam 5.000 Mangrove di Pesisir Utara Subang
Direktur Operasional PT MUJ ONWJ Ardra Teja Bhaswara mengatakan, sebanyak 5.000 pohon mangrove ditanam di Desa Mayangan, Kecamatan Legon Kulon, Kabupaten Subang.

 

INILAHKORAN, Bandung - PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ) peduli kelestarian lingkungan. Untuk itu, sebanyak 5.000 mangrove di pesisir utara Subang.

Direktur Operasional PT MUJ ONWJ Ardra Teja Bhaswara mengatakan, ribuan pohon mangrove itu tepatnya ditanam di Desa Mayangan, Kecamatan Legon Kulon, Kabupaten Subang. Aksi itu pun sebagai bagian peringatan puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Jawa Barat.

"Penanaman mangrove ini sesuai dengan salah satu pilar TJSL MUJ ONWJ yaitu pelestarian lingkungan. Kegiatan penanaman mangrove ini sudah kami lakukan sejak 2020 di berapa titik pantai di sepanjang pantura Subang dan Jawa Barat," kata Ardra, Senin 4 Juli 2022.

Baca Juga: 46 Jamaah Haji Furoda Dipulangkan, Wagub Uu: Hati-hati Laksanakan Ibadah Haji

Menurutnya, keberadaan hutan mangrove memiliki fungsi yang besar bagi lingkungan hidup di sepanjang garis pantai. Beberapa di antaranya adalah berfungsi sebagai penahan arus air laut yang mengikis daratan pantai. Pohon mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai.

Manfaat lainnya, mangrove juga berfungsi penyerap gas karbondioksida dan penghasil oksigen.

Mangrove juga lanjut berperan penting sebagai ekosistem ikan-ikan kecil. Bahkan, dengan kondisi hutan mangrove yang baik kerap menjadi tempat yang nyaman untuk tempat hidup burung dan kera.

Baca Juga: Beberapa Warung Terbakar Akibat Kerusuhan di Babarsari

"Keterlibatan MUJ ONWJ dalam kegiatan penanaman mangrove ini merupakan kominten dan kepedulian perusahaan terhadap kelestarian lingkungan hidup serta dukungan perusahaan terhadap program pemerintah Jawa Barat dalam melestarikan lingkungan hidup," jelasnya.

Ke depan, pihaknya menyiapkan ribuan batang bibit pohon mangrove untuk kembali ditanam di sepanjang pesisir pantai utara Jawa Barat. (*)


Editor : inilahkoran