Ribuan Pramuka Penegak dan Pandega Bogor Dilatih Sesuai Minat dan Bakat

Sebanyak 1.040 orang pramuka penegak dan pandega mengikuti perkemahan antar satuan karya di Bumi Perkemahan Cimandala, Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Ribuan  Pramuka Penegak dan Pandega Bogor Dilatih Sesuai Minat dan Bakat
Sebanyak 1.040 orang pramuka penegak dan pandega mengikuti perkemahan antar satuan karya di Bumi Perkemahan Cimandala, Sukaraja, Kabupaten Bogor. (reza Zurifwan)

INILAHKORAN, Sukaraja- Sebanyak 1.040 orang pramuka penegak dan pandega mengikuti perkemahan antar satuan karya di Bumi Perkemahan Cimandala, Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin yang turut hadir mengucapkan bahwa gerakan pramuka dinilai mampu dan efektif sebagai wadah pembentukan karakter para remaja yang terdidik, produktif, bersaya saing, aktif dan mampu beradaptasi ditengah pesatnya kemajuan zaman.

"Gerakan pramuka dinilai mampu dan efektif sebagai wadah pembentukan karakter para pemuda karena berbagai aktivitasnya yang mengajarkan nilai-nilai kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, disiplin, toleransi, kepedulian, keterampilan dan kreativitas dikemas dalam kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan," ucap Burhanudin kepada wartawan, Kamis,  6 Oktober 2022.

Baca Juga : Polres Bogor Ungkap Fakta Kejahatan Pemilik Yayasan Sejuta Ayah Tersangka TPPO

Burhanudin menambahkan bahwa kegiatan perkemahan antar satuan karya Pramuka merupakan ajang untuk menumbuhkan, mengembangkan, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan minat serta bakat para pramuka penegak juga pandega.

"Tantangan kedepan, tentunya akan jauh lebih kompleks untuk itu, setiap kita harus terus membekali diri dengan berbagai keterampilan agar menjadi pribadi terdidik yang produktif, berdaya saing,  proaktif dalam menyikapi tantangan di era 4.0, serta mampu beradaptasi dengan perubahan dan siap berkontribusi pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," tambah Burhanudin.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor Agus Ridho mengharapkan, setelah mengikuti kegiatan perkemahan antar satuan karya, para peserta semakin menguasai bidangnya, lebih kreatif, inovatif untuk peningkatan kapasitas diri dan berperan aktif dalam mendharmabaktikan diri kepada masyarakat dan untuk kemajuan bangsa.

Baca Juga : Tersangka Sumardi Menimbun Family Kit untuk Korban Bencana Alam

"Pramuka penegak dan pandega dari Saka Bhayangkara, Saka Bakti Husada, Saka Wira Kartika, Saka Dirgantara, Saka Kalpataru, Saka Wanabakti, Saka Kencana, Saka Pariwisata, Saka Widya Budaya Bakti, Saka Adhyasta Pemilu, Saka Yudha Brama Jaya, dan Saka Taruna Bumi diharapkan semakin menguasai bidang yang diminatinya," ujar Agus Ridho.

Halaman :


Editor : asayuti