Ridwan Kamil Bakal Jejali Kantor Pemprov Jabar dengan Tanaman Tomat, Cabai, dan Bawang Merah

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebutkan, sejumlah kantor Pemprov Jabar akan ditanami tomat, cabai, dan bawang merah yang notabene memiliki harga fluktuatif. 

Ridwan Kamil Bakal Jejali Kantor Pemprov Jabar dengan Tanaman Tomat, Cabai, dan Bawang Merah
Penanaman tomat, cabai, dan bawang merah itu diakui Ridwan Kamil akan dimulai pada Jumat 19 Agustus 2022. Adapun kantor Pemprov Jabar yang akan menjadi 'kebunnya' antara lain Gedung Sate, Gedung Pakuan, dan sejumlah kantor dinas. (net)

INILAHKORAN, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebutkan, sejumlah kantor Pemprov Jabar akan ditanami tomat, cabai, dan bawang merah yang notabene memiliki harga fluktuatif. 

Penanaman tomat, cabai, dan bawang merah itu diakui Ridwan Kamil akan dimulai pada Jumat 19 Agustus 2022. Adapun kantor Pemprov Jabar yang akan menjadi 'kebunnya' antara lain Gedung Sate, Gedung Pakuan, dan sejumlah kantor dinas. 

Ridwan Kamil mengatakan, gerakan penanaman tomat, cabai, dan bawang merah itu dinamai Jabar Urban Farming. Sesuai komoditas yang ditanam, gerakan itu dilakukan guna mengendalikan harga komoditas yang fluktuatif. Upaya itu juga untuk mengantisipasi guncangan suplai maupun kondisi recovery pandemi Covid-19. 

Baca Juga : Ingin Perbaiki Nasib, 65 Ribu Nakes dan Non-Nakes Honorer di Fesyankes Jabar Minta Jadi P3K

"Mulai tanggal 19 Agustus, tanah-tanah di kantor Pemprov Jabar akan ditanami tanaman pertanian. Rumah saya, juga Pakuan, kantor dinas-nya dan kadis-nya," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Selasa 9 Agustus 2022. 

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi dan inflasi Jabar di semester I 2022 ini dinyatakan aman, yaitu di 5,6% dan 4,94%. Namun, mengingat guncangan di era masa kini yang lebih besar membuat pihaknya harus melakukan sejumlah inovasi. 

Jabar Urban Farming sendiri merupakan upaya jangka pendek, di mana pihaknya juga akan menanam sejumlah komoditas tersebut di rumah yang dibeli BUMD Agro Jabar. Dengan demikian, diharapkan Provinsi Jabar dapat mengendalikan kekurangan suplai sejumlah komoditas yang diatur hukum pasar. 

Baca Juga : Pilgub Jabar 2024, Uu Ruzhanul Ulum Siap Dikawinkan dengan Desy Ratnasari

Untuk itu, Ridwan juga mengajak warga Jabar untuk turut serta dalam gerakan Jabar Urban Farming ini. Dia juga memastikan, gerakan kali ini akan berbeda, lantaran setiap hasil panen dapat menjadi sumber pendapatan bagi warga itu sendiri. 

Halaman :


Editor : donramdhani