• Kamis, 20 Januari 2022

Ketika Setan Mengajari Abu Hurairah Ayat Kursi

- Rabu, 18 November 2020 | 18:00 WIB
Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Abu Hurairah RA bercerita : Suatu hari Rasulullah SAW menugaskanku untuk menjaga harta zakat pada bulan Ramadhan. Tiba-tiba datanglah seorang laki-laki melihat-lihat makanan dan langsung mengambilnya.

Aku lalu menegurnya, "Jangan dulu mengambil, sebelum kusampaikan tentangmu kepada Rasulullah".

Laki-laki itu menjawab, "Aku sudah berkeluarga dan saat ini betul-betul membutuhkan makanan untuk mereka". Mendengar itu aku akhirnya mengizinkan dia mengambil makanan itu.

Ketika pagi tiba, Rasulullah bertanya, "Wahai Abu Hurairah, apa yang kau lakukan kemarin?"

Aku menjawab, "Wahai Rasulullah, seorang laki-laki mengadukan kesusahan keluarganya dan dia memohon harta zakat pada saat itu juga, lalu aku persilahkan dia mengambilnya".

Rasulullah SAW bersabda kembali, "Dia telah mengelabuimu, wahai Abu Hurairah, dan besok akan kembali lagi".

Karena tahu dia akan kembali lagi, keesokan harinya aku mengawasi secara teliti dan ternyata betul apa yang disampikan Rasulullah, dia telah berada di ruang harta zakat sambil memilih-milih harta zakat yang terkumpul lalu ia mengambilnya.

Melihat itu, aku berkata kembali, "Jangan kau ambil dulu harta itu sampai ada izin dari Rasulullah SAW".

Laki-laki itu menjawab, "Aku betul-betul sangat membutuhkan makanan itu sekarang, keluargaku kini sedang menunggu menahan lapar. Aku berjanji tidak akan kembali lagi esok hari." Mendengar itu, aku merasa kasihan dan akhirnya aku persilahkan kembali dia mengambil harta zakat.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Terkini

X