• Sabtu, 27 November 2021

Kisah Uwais Al-Qarni, Pemimpin Para Tabi'in

- Jumat, 11 Desember 2020 | 13:30 WIB
Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Uwais Al-Qarni adalah seorang sahabat yang yang berasal dari Yaman, daerah Qarn, dan dari kabilah Murad. Pada zaman Rasulullah ia hidup bersama ibunya sedangkan sang ayah telah meninggal dunia.

Dia pernah terkena penyakit kusta kemudian dia berdoa agar penyakitnya sembuh dan tersisa pada kedua lengannya agar dia selalu mengingat nikmat Allah yang telah di berikan untuknya

Uwais Al-Qarni tak punya sanak famili kecuali hanya ibunya yang telah tua renta dan lumpuh. Hanya penglihatan kabur yang masih tersisa. Uwais bekerja sebagai penggembala kambing.

Upah yang diterimanya hanya cukup untuk sekedar menopang kesehariannya bersama Sang ibu, bila ada kelebihan, ia pergunakan untuk membantu tetangganya yang hidup miskin seperti keadaannya

Uwais adalah seorang yang gigih ibadahnya, ia tetap melakukan puasa di siang hari dan bermunajat di malam harinya. Karena keshalihannya, uwais dikenal oleh penduduk langit. Setiap kali dia menyampaikan salam terhadap Rasulullah melalui doanya, maka langsung disampaikanlah oleh malaikat Jibril.

Pada suatu hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bercerita mengenai Uwais al-Qarni tanpa pernah melihatnya.

Rasulullah bersabda, "Dia seorang penduduk Yaman, daerah Qarn, dan dari kabilah Murad. Ayahnya telah meninggal. Dia hidup bersama ibunya dan dia berbakti kepadanya. Dia pernah terkena penyakit kusta. Dia berdoa kepada Allah Ta'ala lalu dia diberi kesembuhan, tetapi masih ada bekas sebesar dirham di kedua lengannya. Sungguh, dia adalah pemimpin para tabiin."

Kemudian Rasulullah bersabda kepada Umar bin al-Khathab, "Jika kamu bisa meminta kepadanya untuk memohonkan ampun (kepada Allah Ta'ala) untukmu, maka lakukanlah!"

Ketika Umar telah menjadi Amirul Mukminin, dia bertanya kepada para jamaah haji dari Yaman di Baitullah pada musim haji, "Apakah di antara warga kalian ada yang bernama Uwais al-Qarni?"

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Inilah Amalan-amalan Penghapus Dosa di Hari Jumat

Jumat, 26 November 2021 | 04:45 WIB

Kisah Indah Pemuda yang Berbulan Madu dengan Bidadari

Selasa, 16 November 2021 | 10:00 WIB
X