• Sabtu, 27 November 2021

Inilah Gambaran Sosok Calon Istri atau Suami Ideal, Cek Buat yang Jomblo

- Rabu, 6 Januari 2021 | 18:10 WIB

INILAH, Bandung,- Memilih calon suami atau istri yang ideal tidaklah mudah. Terlebih di kondisi akhir zaman seperti sekarang yang banyak menampilkan sisi-sisi kepalsuan. Nah bagi yang masih lajang alias jomblowan dan jomblowati, inilah beberapa rujukan dalam mencari pasangan ideal.

Dikutip dari Inilah Koran Podcast, dalam program Tanya Ustadz bersama Ustadz Ali Husain terungkap beberapa kriteria yang dapat dijadikan pijakan.

Menurut Ustadz Ali, diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda ada empat hal yang harus diperhatikan dalam memilih pasangan. Yang pertama hartanya, kedua martabatnya, ketiga kecantikan atau ketampanannya dan ke empat agamanya.

"Tapi ke empat hal itu bukan berarti berurutan tapi pada umumnya. Artinya hadits tersebut dimaknai sebagai pada umumnya orang memilih pasangan itu pertama melihat karena hartanya, martabatnya, kecantikan atau ketampanan dan ke empat agamanya," ungkap Ustadz Ali.

Kenapa itu tidak diartikan berurutan, karena ketika Rosulullah menyebutkan hal yang ke empat yaitu agamanya. Nabi memberikan penjelasan khusus untuk memilih agama sebagai poin paling pertama.

"Tapi pilihalah agamanya. Kata Rosulullah setelah menyebutkan poin pertama sampai ketiga, maka di poin ke empat Rosul mengucapkan penguatan tapi pilihlah agamanya," ujarnya.

"Jika hidupmu ingin tenang, ingin berbahagia maka pilihlah pasangan yang agamanya baik," tambahnya.

Ustadz Ali Husain menambahkan, agama yang dimaksud dalam hadits ini adalah para ulama menyatakan agama dalam hal ini adalah melihat ketaqwaannya.

"Tapi kemudian ada persoalan baru karena taqwa itu tidak kasat mata. Tidak bisa kita melihat seseorang taqwa dari pakainnya, dari tampilan luarnya saja," tambahnya.**

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Terkini

Inilah Amalan-amalan Penghapus Dosa di Hari Jumat

Jumat, 26 November 2021 | 04:45 WIB

Kisah Indah Pemuda yang Berbulan Madu dengan Bidadari

Selasa, 16 November 2021 | 10:00 WIB
X