• Kamis, 21 Oktober 2021

Lima Fadilah Salat Sunah Taubat

- Senin, 18 Januari 2021 | 00:00 WIB
Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

SALAT Sunah Tobat adalah salat sunah yang dilakukan setelah seseorang melakukan dosa dan kesalahan atau pelanggaran hukum-hukum agama atau merasa dirinya bersalah dan berdosa kepada Allah SWT. Kemudian dia menyesali perbuatan itu dan ingin kembali ke jalan Allah atau bertobat.

Rasulullah SAW telah bersabda: "Siapa saja yang pernah melakukan perbuatan dosa, bersegeralah berwudhu kemudian dirikan salat dan mohonlah ampunan kepada Allah SWT, Allah pasti akan menerima permohonannya itu. Kemudian bacalah ayat ini:

"Mereka yang pernah mengerjakan perbuatan dosa atau telah berbuat dosa terhadap dirinya sendiri lalu mereka bersegera mengingat Allah dengan memohon ampunan Ilahi terhadap dosa yang dilakukan itu. Siapakah yang akan mengampuni segala dosa, selain Allah? Kemudian itu mereka merasa insaf dan sadar serta tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi, maka mereka akan diberi pahala dan ganjaran surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai dan disitulah tempat mereka selamanya. "(HR Abu Daud, Nasa'I, Ibnu Majah dan Baihaqi .)

Salat Tobat dapat dilakukan dua, empat atau enam rakaat pada setiap waktu yang diinginkan, tetapi lebih afdal pada waktu tengah malam dimana suasananya lebih sunyi dan tenang.

Fadilah Salat Sunah Tobat:

1. Diampuni dosanya oleh Allah SWT.

2. Dimudahkan segala urusan.

3. Membuat hidup bahagia .

4. Menghilangkan perasaan yang menghimpit (rasa bersalah).

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Air Mani Perempuan, Begini Ciri-cirinya dalam Islam

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:12 WIB
X