• Kamis, 23 September 2021

Penting Dipahami! Ini Batas Terakhir Waktu Penyembelihan Hewan Kurban

- Selasa, 20 Juli 2021 | 16:00 WIB
Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

PERTANYAAN ini tiba-tiba saja muncul di tengah-tengah masyarakat kita saat ini. Maklum, ini terjadi menyusul ditiadakannya sholat Idul Adha lantaran Pandemi Covid-19 yang sedang tinggi. Penyembelihan hewan kurban pun banyak yang dimundurkan jadwalnya. Pertanyaannya, berapa lama batas waktu terakhir menyembelih hewan kurban?

Ustaz Ammi nur Baits dalam artikelnya di konsultasisyariah.com menjelaskan, ulama berbeda pendapat tentang batas akhir waktu penyembelihan qurban. Ada dua pendapat dalam hal ini.

Pertama, waktu penyembeihan qurban hanya 3 hari, hari idul adha (10 Dzulhijjah) dan dua hari tasyrik setelahnya (11 & 12 Dzulhijjah). Ini adalah pendapat mayoritas ulama, diantaranya Hanafiyah, Malikiyah, dan hambali. (al-Mausuah al-Fiqhiyah, ad-Durar as-Saniyah, 2/351).

as-Sarkhasi ulama Hanafiyah (w. 483 H) mengatakan,

"Menyembelih qurban hanya dibolehkan khusus pada rentang batas hari penyembelihan, yaitu 3 hari, menurut pendapat kami (Hanafiyah). Dalam hadis dinyatakan, Hari penyembelihan ada 3 hari. Yang paling ulama adalah pada hari qurban. Apabila matahari telah tenggelam di hari ketika (12 Dzulhijjah) maka tidak boleh lagi menyembelih. (al-Mabsuth, 14/169).

Keterangan lain disampaikan Ibnu Qudamah,

"Waktu penyembelihan qurban dan hadyu (penyembelihan di Mekah) adalah 3 hari. Hari qurban (10 Dzulhijjah) dan dua hari setelahnya (11 & 12 Dzulhijjah). Ini ditegaskan oleh Imam Ahmad." (al-Mughni, 3/462).

Diantara dalil pedapat pertama,

Dalil pertama, larangan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam untuk menyisakan daging qurban lebih dari 3 hari. Larangan ini pernah beliau sampaikan, ketika daerah di sekitar Madinah mengalami kekurangan bahan makanan. Dari Ibnu Umar Radhiyallahu anhuma,

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Memaksa kepada Allah Agar Dijodohkan dengan Wanita Idaman

Selasa, 21 September 2021 | 11:02 WIB

Kalau Poligami Boleh, Kenapa Poliandri Tidak?

Senin, 20 September 2021 | 11:37 WIB

Sedekah Subuh, Benarkah Pernah Dicontohkan Rasulullah?

Minggu, 19 September 2021 | 22:40 WIB
X