• Kamis, 23 September 2021

Selamat dari Pandemi Covid-19 dengan 3 Cara Rasulullah, Insya Alloh

- Kamis, 22 Juli 2021 | 15:00 WIB

PANDEMI Covid-19 belum berakhir. Bahkan kasus positif akhir-akhir ini tergolong menggila. Banyak rumah sakit tak lagi mampu menampung pasien terpapar.

Tenang, kita sebagai seorang muslim hanya perlu mengikuti ajaran Rasulullah shallallahu 'alaihi awa sallam dalam situasi apapun termasuk saat pandemi ini.

Dikutip rumaysho.com, ini wasiat nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun bisa kita manfaatkan saat ini di saat musibah wabah corona melanda.

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, ia katakan, “Wahai Rasulullah, apa itu keselamatan?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 1. Jaga lisanmu. 2. Tetaplah di rumahmu. 3. Tangisilah dosa-dosamu. (Hadits diriwayatkan oleh Tirmidzi, no. 2406, dinyatakan sahih oleh Syaikh Al-Albani.)

Jaga Lisan

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal menjelaskan maskud dari menjaga lisan dalam hadist di atas adalah saatnya  kita banyak tangisi dosa, bukan banyak bicara.

Saat masa virus merebak, jaga lisan, jangan mudah menyebar berita hoax. Jangan pula banyak mengeluh dan menunjukkan tidak setuju pada takdir Allah.

Tetaplah di Rumahmu

Sementara itu, “Tetaplah di rumahmu” artinya disuruh di rumah untuk menyibukkan diri dengan Allah, dekat dengan-Nya lewat ketaatan, juga bersendirian menjauh dari yang lain. (Tuhfah Al-Ahwadzi, 7:132)

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Memaksa kepada Allah Agar Dijodohkan dengan Wanita Idaman

Selasa, 21 September 2021 | 11:02 WIB

Kalau Poligami Boleh, Kenapa Poliandri Tidak?

Senin, 20 September 2021 | 11:37 WIB

Sedekah Subuh, Benarkah Pernah Dicontohkan Rasulullah?

Minggu, 19 September 2021 | 22:40 WIB
X