• Sabtu, 16 Oktober 2021

4 Pilar Penting di Balik Kesuksesan Dagang Rasulullah

- Jumat, 30 Juli 2021 | 14:00 WIB

RASULULLAH shallallahu 'alaihi wa sallam adalah seorang pedagang sukses. Bahkan beliau mampu memberikan mahar yang begitu besar ketika meminang istri pertamanya, Khadijah.

Rasulullah menikahi Khadijah ketika masih berusia 25 tahun. Berkat kesuksesannya berdagang, nabi mampu memberikan mahar sebanyak 20 ekor unta. Saat ini, harga satu ekor unta berada di kisaran Rp12 juta hingga Rp53 juta per ekor. Kalau dirupiahkan, mahar Rasulullah untuk Khadijah angkanya bisa mencapai Rp1 Miliar.

Maka sudah sepantasnya kita sebagai seorang muslim menyerap apapun dari sosok manusia terbaik yang diciptakan Allah Ta'ala ini. Termasuk, untuk urusan berdagang. Dan ternyata, kunci sukses berdagang Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam tak terlepas dari 4 pilar penting yang beliau junjung tinggi.

Imam Ahmad meriwayatkan dalam Musnad-nya hadits dari Abdullah bin Amr bahwasanya rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

”Ada empat hal yang jika terdapat pada anda maka tidak membahayakan anda segala hal yang anda luput dari dunia: (1) menjaga amanah, (2) perkataan jujur, (3) akhlak yang baik, (4) menjaga iffah dalam hal makanan”.

Keempat hal itulah yang tak pernah diingkari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam setiap gerak langkah hidupnya, termasuk ketika berbisnis. Ustaz Andi Ihsan dikutip dari Konsultasisyariah.com menjelaskan satu per satu empat hal yang disebutkan hadist di atas sebagai berikut:

Menjaga Amanah

Yaitu ia dapat dipercaya dalam bertransaksi, tidak curang, tidak menipu, dan tidak berspekulasi. Amanah dalam menjaga hak-hak manusia, dan dalam mengembalikan harta-harta mereka, tidak menelantarkan hak-hak manusia bahkan justru menjaga dan memeliharanya. 

Dari hadits Anas bin Malik bahwasanya rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Tunaikanlah amanah kepada siapa saja yang memberi amanah terhadapmu dan jangan menghianati siapa saja yang menghianatimu”

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Air Mani Perempuan, Begini Ciri-cirinya dalam Islam

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:12 WIB
X