• Sabtu, 21 Mei 2022

Harta-harta Haram yang Menjerumuskan Manusia

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 15:00 WIB

TERKADANG, harta menutup mata dan hati kita. Seolah-olah, semua harta yang kita miliki itu halal. Padahal, bisa saja haram. Wah?

Yuk, periksa lagi harta-harta yang kita miliki. Jangan-jangan masuk kategori tiga jenis harta harap seperti yang diutarakan Syaikh Saad bin Nashir Asy Syastri semoga Allah memberkahi umur beliau.

Syaikh Saad bin Nashir Asy Syastri menjabarkan tiga harta haram sebagai berikut:

1- Harta yang haram secara zatnya. Contoh: khamar (miras), babi, benda najis. Harta seperti ini tidak diterima sedekahnya dan wajib mengembalikan harta tersebut kepada pemiliknya atau dimusnahkan.

2- Harta yang haram karena berkaitan dengan hak orang lain. Contoh: HP curian, mobil curian. Sedekah harta semacam ini tidak diterima dan harta tersebut wajib dikembalikan kepada pemilik sebenarnya.

3- Harta yang haram karena pekerjaannya. Contoh: harta riba, harta dari hasil dagangan barang haram. Sedekah dari harta jenis ketiga ini juga tidak diterima dan wajib membersihkan harta haram semacam itu. Namun apakah pencucian harta seperti ini disebut sedekah? Para ulama berselisih pendapat dalam masalah ini. 

Intinya, jika dinamakan sedekah, tetap tidak diterima karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

    

    "Tidaklah diterima shalat tanpa bersuci, tidak pula sedekah dari ghulul (harta haram)." (HR. Muslim, no. 224). 

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

X