• Senin, 27 September 2021

Ketika Suami Tiba-tiba Berubah, Tinggalkan Sholat dan Bermaksiat

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 18:00 WIB

BANYAK para istri yang tiba-tiba dikejutkan dengan perubahan mendasar dari sikap dan sifat suaminya. Dari tadinya sang suami taat beribadah, jadi hobi maksiat. Perangainya pun menjadi buruk dan suka marah-marah. Apa yang harus dilakukan?

Dikutip Islamqa Indonesia, yang pertama harus dilakukan sang istri adalah mencari tahu penyebab berubahnya perilaku suami. Bisa jadi pihak istri yang tidak mengindahkan perintah-perintahnya, keras kepala dalam pergaulannya, atau kurang taat pada suaminya, menelantarkan rumah dan pendidikan anak-anaknya dan penyebab-penyebab lainnya.

Tapi jika bukan itu penyebabnya, atau dikarenakan suami terpengaruh lingkungan yang buruk, maka diwajibkan bagi seorang istri untuk menggunakan seluruh kemampuannya untuk menasehati suaminya, mengingatkannya dengan yang terbaik, tidak perlu dengan ucapan keras, tidak juga dengan bermuka masam, akan tetapi dengan lemah lembut dalam berucap dan bergaul.

Sang istri juga bisa memberitahukan kepada keluarganya agar mereka menjadikan salah satu kerabat dekatnya untuk ikut menasehatinya, mengingatkan dan mengarahkannya kepada kebenaran. Sang istri juga jangan lupa menyertakan doa kepada Allah Ta'ala agar memberikan hidayah kepada suami.

Syeikh Shalih Al Fauzan –hafidzahullah- berkata:

“Tidak boleh bagi seorang suami memperlakukan istrinya dengan perlakuan yang buruk; karena Allah –ta’ala- berfirman:

“Dan bergaullah dengan mereka secara patut”. (QS. An Nisa’: 19)

Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

“Dan sungguh suamimu mempunyai hak atasmu”. (HR. Bukhori dari hadits Abdullah bin Amr bin ‘Ash –radhiyallahu ‘anhuma-)

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

X