• Jumat, 17 September 2021

Perintah Rasul: Bacalah Surat-surat Ini Saat Dhuha

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 12:30 WIB

ADA yang bertanya kepada Ustaz Ammi Nur Baits, "Bagaimana Derajat Hadist ini: Menurut Ibnu Abidin yang sebaiknya dibaca pada salat dhuha adalah surat Asy-Syam pada rakaat pertama dan surat Ad-Dhuha pada rakaat kedua."

"Hal ini berdasarkan riwayat dari Uqban bin Amir, "Kami diperintahkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam untuk salat dhuha dengan membaca sejumlah surat. Di antaranya Asy-Syams dan Adh-Dhuha."

Sementara dalam Nihayatul Muhtaj disebutkan bahwa yang lebih utama membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas karena surat Al-Ikhlas setara dengan sepertiga Alquran dan Al-Kafirun setara dengan seperempat Alquran.

Waalaikumussalam. Alhamdulillah was shalatu was salamu ala Rasulillah

Terdapat sebuah hadis yang menganjurkan untuk membaca surat As Syams pada rakaat pertama dan membaca surat Ad dhuha pada rakaat kedua. Hadis tersebut berbunyi:

Salatlah dua rakaat dhuha dengan membaca dua surat dhuha, yaitu surat Was syamsi wadhuhaa haa dan surat Adh dhuha."

Dalam riwayat yang lain terdapat tambahan: "Barangsiapa yang mengamalkannya maka dia diampuni."

Hadis di atas diriwayatkan oleh Ar Ruyani dalam Musnad-nya dan Ad Dailami (2:242) dari jalur Musyaji bin Amr. Hadis ini juga disebutkan oleh Al Hafidz Ibn Hajar dalam Fathul Bari Syarh Shahih Bukhari dan tidak dikomentari. Beliau hanya menyatakan bahwa bacaan surat tersebut ada kesesuaian bacaan dengan shalat yang dikerjakan.

Namun yang benar, hadis di atas adalah hadis palsu. Sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Al Albani, beliau mengatakan: "Hadis ini palsu, cacatnya ada pada Musyaji bin Amr. Ibn Main berkomentar tentang Musyaji: "yang saya tahu dia (musyaji) adalah seorang pendusta." (Silsilah Hadis Dhaif dan Palsu, hadis ke-3774).

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

X