• Selasa, 25 Januari 2022

Rezeki Seret? Jangan-jangan Amalan Ini yang Jadi Solusinya

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 21:00 WIB

REZEKI masih saja seret? Mentok, susah mengintip peluang di sana-sini. Cobalah introspeksi diri tentang ketakwaan kepada Allah Ta'ala. Juga tentang satu hal penting, yakni hubungan dengan kedua orang tua.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyampaikan kepada kita bahwa berbakti kepada orang tua akan berbuah rezeki dan umur panjang. Maka, tak ada salahnya memeriksa kembali hubungan kita dengan kedua orang tua. Jangan-jangan, memang selama ini tidak terjalin dengan baik.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang suka untuk dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, maka berbaktilah kepada kedua orang tuanya dan jalinlah hubungan dengan kerabatnya (silaturahim).” (HR. Ahmad, 3:229; 3:266. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth menyatakan bahwa hadits ini shahih, sanad hadits ini hasan dari jalur Maimun bin Sayah dan di bawahnya tsiqah.)

Mintailah kepada kedua orang tua doa agar segala urusan kita dimudahkan Allah Ta'ala. Karena doa baik orang tua sangatlah mustajab.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ يُسْتَجَابُ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ لِوَلَدِهِ

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizalimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua kepada anaknya.” (HR. Ibnu Majah, no. 3862. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan.)

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

X