• Minggu, 24 Oktober 2021

Dahsyatnya Rahasia di Balik Sholat Tahajud, Yuk Buktikan

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 17:30 WIB

MEMANG tak mudah berusaha konsisten menunaikan sholat tahajud. Tapi ketika rasa malas melanda, ingatlah kembali betapa dahsyat pahala dari Allah Ta'ala untuk amalan yang satu ini.

Ustaz Kazuhana El Ratna Mida mengungkapkan, sholat tahajud secara harfiah berarti "bangun tidur untuk beribadah" bagi yang berkemampuan. Secara istilah, semua jenis ibadah di malam hari seperti salat, membaca Alquran dan lain-lain. Sedangkan Imam Shuyuti mengatakan, tahajud merupakan kewajiban tambahan atas salat lima waktu.

Hukum Salat Tahajud adalah sunah yang diajurkan. Dahulu pernah terjadi perdebatan antara mewajibkan salat ini atau tidak. Karena Nabi Muhammad selalu berusaha bangun untuk mendirikannya meskipun sakit. Namun, pendapat para ulama mengatakan, salat ini dilakukan bagi yang mampu. Sehingga bisa disimpulkan, sunah yang dianjurkan karena mengingat banyak pahala yang didapat ketika mengerjakannya.

"DARI Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam pernah ditanya tentang salat apakah yang paling utama sesudah salat wajib? Maka beliau menjawab, "Salat tengah malam." (Hr. Jamaah, kecuali Bukhari)

"Dari Amr bin Abasah, ia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda, "Waktu terdekat seseorang hamba dalam berhubungan dengan Tuhannya adalah di tengah malam yang paling akhir. Oleh karena itu, jika engkau dapat masuk golongan orang yang dapat mengingat Allah pada saat tersebut, maka jadilah engkau." (Hr. Tirmidzi. Dishahihkan oleh Imam Trimidzi)

Ustaz Kazuhana El Ratna Mida dikutip dari bersamadakwah menyimpulkan 5 pahala tahajud berdasarkan hadis-hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam:

1. Masuk surga tanpa hisab

Abdullah bin Salam berkata, Rasulullah bersabda, "Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan salatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (Hr. at-Tirmidzi)

2. Pengusir penyakit dari badan

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

X