• Sabtu, 16 Oktober 2021

Dosakah Membatalkan Puasa Sunnah karena Ingin Berhubungan dengan Istri?

- Kamis, 2 September 2021 | 12:17 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


INILAH, Bandung- Hari ini, banyak kaum muslimin yang sedang menjalankan puasa sunnah. Ada satu pertanyaan yang menggelitik. Dosakah andai membatalkan puasa sunnah karena ingin berjimak (berhubungan badan) dengan istri?

Ustaz Ammi nur Baits dalam artikelnya di konsultasisyariah.com menegaskan, tidak ada dosa bagi orang yang melakukan hubungan badan ketika sedang berpuasa sunnah. Pasalnya, kata Ustaz, puasa sunnah adalah ibadah anjuran bukan wajib.

Terdapat riwayat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau menemui keluarganya, kemudian mereka memberi tahu bahwa ada orang yang menghadiahkan adonan hais kepada beliau. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tunjukkan ke saya, sebenarnya hari ini saya puasa. Kemudian ‘Aisyah membawakan makanan itu ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan beliau memakannya.” Hadits ini dalil, bolehnya memutus puasa sunnah. Baik dengan makan, minum, atau jima’.

Baca Juga: Sedang Puasa Sunnah? Panjatkan Doa Panjang Umur dan Banyak Harta Ini

Adapun tentang masalah qadha’ puasanya, jika puasanya terkait hari atau tanggal tertentu, seperti puasa senin misalnya, maka tidak perlu meng-qadha‘. Karena puasa sunnah ini terkait dengan hari tertentu, dan hari itu telah lewat. Namun, jika puasanya tidak terkait hari tertentu, seperti puasa tiga hari setiap bulan, maka dia bisa meng-qadha’-nya, tapi statusnya tidak wajib, namun sunnah.

Referensi: https://konsultasisyariah.com/3189-jima-puasa-sunnah.html

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Air Mani Perempuan, Begini Ciri-cirinya dalam Islam

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:12 WIB
X