• Jumat, 29 Oktober 2021

Menikah dengan Syarat Calon Suami Tidak Akan Poligami, Hukumnya?

- Kamis, 2 September 2021 | 13:03 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

INILAH, Bandung- Mungkin banyak para wanita yang mengajukan syarat agar tidak dipoligami ketika sedang bertaaruf dengan seorang pria. Hukumnya?

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal dikutip remajaislam.com menjelaskan, pengajuan syarat dalam akad nikah ada tiga macam:

Pertama: Syarat yang dihalalkan dan wajib dipenuhi

Yaitu syarat yang sesuai dengan akad nikah dan tujuan umum syariat. Di antaranya adalah syarat yang diajukan pihak wanita terhadap suaminya agar suaminya mau mempergaulinya dengan baik pula. Syarat ini sah dan wajib dipenuhi menurut kesepakatan ahli ilmu.

Kedua: Syarat yang tidak harus dipenuhi

Yaitu syarat yang menafikan maksud akad atau menafikan hukum dan syariat Allah. Syarat ini dinamakan syarat fasid (rusak). Misalnya: pihak wanita meminta agar suaminya menceraikan istrinya yang lain. Tidak bolehnya hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Baca Juga: Menghapus Dosa Pacaran dengan Salat Lima Waktu

“Tidak halal bagi seorang wanita meminta saudaranya (istri-istri lain dari suaminya) diceraikan agar dia dapat menghabiskan wadahnya (perhatian dan kasih sayang suami). Sesungguhnya dia hanya akan mendapatkan apa yang telah ditentukan untuknya.” (HR. Bukhari, no. 5152 dan Muslim, no. 1413; dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Contoh lain, pihak wanita meminta agar suaminya tidak menggaulinya. Syarat seperti ini tidak wajib dipenuhi menurut kesepakatan ulama. Termasuk dalam cakupan hukum ini adalah setiap syarat yang menyelisihi Kitabullah dan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kita bisa mengambil pelajaran dari hadits kisah Barirah berikut ini.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Makna Asmaul Husna Al Haasib, Penjelasan dari Aa Gym

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:00 WIB
X