• Jumat, 17 September 2021

Beginilah Potret Suami Idaman dalam Islam, Tak Melulu Soal Nafkah

- Senin, 13 September 2021 | 11:12 WIB
Ilustrasi (https://www.parhlo.com/)
Ilustrasi (https://www.parhlo.com/)

INILAHKORAN, Bandung- Potret suami idaman dalam islam tak hanya seseorang yang pandai memenuhi kebutuhan nafkah. Ada aspek-aspek lain yang penting diperhatikan.

Rasulullah shallallahu 'alihi wa sallam:

"Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya. Dan aku adalah orang yang paling baik kepada keluarganya di antara kalian." (HR Ibnu Majah)

Tapi ada hal lain yang tak kalah penting yang tentunya harus jadi prioritas suami terhadap keluarganya. Hal itu, adalah mendidik sebaik-baiknya istri dan anak tentang pemahaman agama.

Baca Juga: Pasutri Saling Mengeluarkan Kata-kata Vulgar Saat Berjimak, Hukumnya?

Allah Taala berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka." (QS. At- Tahrim: 6)

Dikutip dari mozaik.inilah.com, Adh-Dhahak dan Maqatil mengenai ayat di atas,

"Menjadi kewajiban seorang muslim untuk mengajari keluarganya, termasuk kerabat, sampai pada hamba sahaya laki-laki atau perempuannya. Ajarkanlah mereka perkara wajib yang Allah perintahkan dan larangan yang Allah larang." (HR. Ath-Thabari, dengan sanad shahih dari jalur Said bin Abi Urubah, dari Qatadah. Lihat Tafsir Al-Quran Al-Azhim, 7:321)

Kepala rumah tangga yang baik mengajak anaknya untuk shalat sebagaimana yang suri tauladan kita perintahkan, "Perhatikanlah anak-anak kalian untuk melaksanakan shalat ketika mereka berumur 7 tahun. Jika mereka telah berumur 10 tahun, namun mereka enggan, pukullah mereka." (HR. Abu Daud, no. 495; Ahmad, 2: 180. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X