• Jumat, 17 September 2021

Seumur-umur Nggak Pernah Mandi Junub, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

- Rabu, 15 September 2021 | 11:13 WIB
Ilustrasi (https://health.clevelandclinic.org/)
Ilustrasi (https://health.clevelandclinic.org/)

INILAHKORAN, Bandung- Karena tidak tahu hukumnya, ada yang seumur hidup tak pernah mandi junub. Bagaimana hukumnya dalam islam?

Berikut ini jawaban dari Ustaz Ammi nur Baits dalam artikelnya di konsultasisyariah.com:

Pertama, beda lupa dengan tahu hukum

Perlu dibedakan antara lupa mandi junub dengan tidak tahu hukum mandi junub. Orang yang tahu hukum mandi besar, dan dia memahami orang yang junub wajib mandi besar, kemudian suatu ketika dia salat tanpa mandi karena lupa, maka dia berkewajiban mengqadha salat yang telah dia kerjakan tanpa mandi itu.

Baca Juga: Pandemi Bikin Hati Takut Miskin? Cepat-cepat Amalkan Doa Dahsyat dari Nabi Ini

Berbeda dengan orang yang tidak tahu hukum mandi wajib. Misalnya, ada orang yang tidak tahu bahwa ketika keluar mani wajib mandi, kemudian dia salat hanya dengan berwudhu. Dalam kasus ini, ulama berbeda pendapat, apakah dia wajib mengulangi salatnya ataukah tidak, insya Allah akan kita bahas lebih rinci pada penjelasan di bawah ini.

Kedua, tidak tahu hukum mandi besar

Suci dari hadas besar dan kecil merupakan syarat sah salat. Orang yang keluar mani dan dia tidak mandi junub, masuk dalam kasus, orang yang meninggalkan salah satu syarat sah salat.

Ketika seseorang tidak mandi junub karena dia tidak tahu hukumnya, berarti dia meninggalkan salah satu syarat sah salat, karena tidak tahu.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X