• Minggu, 17 Oktober 2021

Mau Hidup Tenang tanpa Utang, Baca Doa Ini, Diajarkan Nabi di Akhir Salat

- Kamis, 16 September 2021 | 10:24 WIB
Doa Para Sahabat Sebelum dan Sesudah Ramadan./net.ilustrasi
Doa Para Sahabat Sebelum dan Sesudah Ramadan./net.ilustrasi

INILAHKORAN, Bandung- Hidup tentu saja akan terasa sangat rumit jika terlilit utang. Maka selain berusaha keras menghindari utang, ada satu doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam agar terlindung dari utang. Dibaca di akhir salat.

Dikutip dari artikel Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal di rumaysho.com, Bukhari membawakan dalam kitab sahihnya pada Bab "Siapa yang berlindung dari utang". Lalu beliau rahimahullah membawakan hadis dari Urwah, dari Aisyah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

 "Nabi shallallahu alaihi wa sallam biasa berdoa di akhir salat (sebelum salam): Allahumma inni audzu bika minal matsami wal maghrom (Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan banyak utang)."

Baca Juga: Seumur-umur Nggak Pernah Mandi Junub, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

 Lalu ada yang berkata kepada beliau shallallahu alaihi wa sallam, "Kenapa engkau sering meminta perlindungan adalah dalam masalah utang?" Lalu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Jika orang yang berutang berkata, dia akan sering berdusta. Jika dia berjanji, dia akan mengingkari," (HR. Bukhari no. 2397).

 Al Muhallab mengatakan, "Dalam hadis ini terdapat dalil tentang wajibnya memotong segala perantara yang menuju pada kemungkaran. Yang menunjukkan hal ini adalah doa Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika berlindung dari utang dan utang sendiri dapat mengantarkan pada dusta," (Syarh Ibnu Baththol, 12/37).

Allahu 'alam

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Air Mani Perempuan, Begini Ciri-cirinya dalam Islam

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:12 WIB
X