• Sabtu, 16 Oktober 2021

Puasa Senin-Kamis, Inilah Tata Caranya Sesuai Tuntunan Nabi

- Minggu, 19 September 2021 | 16:22 WIB
PUASA mempunyai dua rukun asasi yaitu: -Niat puasa. - Menahan diri dari perkara yang membatalkannya, bermula dari terbit fajar hingga tenggelam matahari.
PUASA mempunyai dua rukun asasi yaitu: -Niat puasa. - Menahan diri dari perkara yang membatalkannya, bermula dari terbit fajar hingga tenggelam matahari.

INILAHKORAN, Bandung- Puasa sunnah Senin-Kamis memiliki banyak keutamaan. Salah satunya, karena selalu dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Berikut ini tuntunannya sesuai apa yang dicontohkan nabi:

1. Niat

Niat puasa Senin Kamis sebaiknya dilakukan di malam hari, sebelum terbit fajar. Namun karena ini adalah puasa sunnah, maka jika terlupa, boleh niat di pagi hari asalkan belum makan apa-apa dan tidak melakukan hal apapun yang membatalkan puasa.

Baca Juga: Dosakah Membatalkan Puasa Sunnah karena Ingin Berhubungan dengan Istri?

2. Makan Sahur

Makan sahur merupakan salah satu sunnah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala dan keberkahan. Namun jika tidak dilakukan, misalnya karena bangunnya terlambat, puasanya tetap sah.

3. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan

Yakni menahan diri dari makan, minum, berhubungan dengan istri dan hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa. Waktunya dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Baca Juga: Sedang Puasa? Hindarilah Hal-hal Ini Saat Sedang Bersama Istri

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Air Mani Perempuan, Begini Ciri-cirinya dalam Islam

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:12 WIB
X