• Minggu, 24 Oktober 2021

Cara Mengenali Teman dalam Islam, Benarkah Baik atau Pura-pura Baik?

- Senin, 20 September 2021 | 10:08 WIB
ADU domba merupakan perangai tercela yang menanamkan dendam di antara manusia, ini merupakan sifat yang dibenci setiap muslim dan muslimah.
ADU domba merupakan perangai tercela yang menanamkan dendam di antara manusia, ini merupakan sifat yang dibenci setiap muslim dan muslimah.

INILAHKORAN, Bandung- Cobalah kita hitung berapa teman baik yang ada di dalam kehidupan kita. Mengenali teman baik atau hanya pura-pura baik itu mudah. Teman baik, sejatinya jujur dalam menasihati.

Dikutip asysyariahm Ibnu Qudamah rahimahullah mengatakan, "Sulit didapatkan pada masa ini seorang teman yang memiliki sifat ini (terus terang dan menasihati). Sebab, jarang sekali ada kawan yang tidak memberikan sanjungan, justru memberi tahu kekurangan.

Baca Juga: Istri Larang Suami Main Sepak Bola, Suruh Suami Cari Istri Lain, Bagaimana Hukumnya Ustaz?

Baca Juga: Orang yang Sudah Meninggal Bisa Memberi Wasiat Lewat Mimpi

Dahulu, salaf mencintai orang yang mengingatkan mereka tentang berbagai kekurangan mereka. Adapun kita sekarang, biasanya menjadikan orang yang mengetahui kekurangan kita sebagai orang yang paling dibenci. Ini adalah tanda lemahnya iman." (Mukhtashar Minhajil Qashidin hlm. 147)

Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Bazrahimahullah mengatakan, "Saudaramu ialah yang menasihati, mengingatkan, dan memperingatkan dirimu. Orang yang tidak memerhatikanmu, berpaling darimu, dan berbasa-basi denganmu, bukanlah saudaramu. ***

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X