• Selasa, 26 Oktober 2021

Pakai Baju Saja Jadi Pahala, Ini Lima Sunnah yang Diajarkan Nabi

- Kamis, 23 September 2021 | 16:57 WIB
RASULULLAH shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah salatnya."
RASULULLAH shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah salatnya."

INILAHKORAN, Bandung- Banyak pahala bisa kita raih dari hal-hal yang kita anggap sepele. Salah satunya, ketika memakai pakaian. Begini tuntunannya dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam:

Ada lima sunnah yang diajarkan Nabi ketika berpakaian seperti dikutip dari Buku '24 Jam dalam Bimbingan Sunnah Rasul':

Pertama, berpakaian yang memiliki warna putih. Rasulullah SAW bersabda, "Pakailah pakaian putih, karena itu yang pakaian terbaik, dan kafanilah orang yang meninggal di antara kalin dengan kain tersebut," (Shahih al-Jami).

Baca Juga: Tak Terasa SudahJumat Lagi, Ini 7 Sunnah Dahsyat untuk Diamalkan

Kedua, berpakaian gamis (baju kurung) .Hal ini sesuai dengan hadis ini, "Baju yang disenangi Rasulullah SAW adalah gamis," (Shahih al-Jami).

Ketiga, Mendahulukan yang kanan dalam setiap keadaan.Ini juga mencakup dalam berpakaian dalam proses mengenakan pakaian. Aisyah RA berkata, "Rasulullah SAW selalu mendahulukan yang kanan dalam setiap pekerjaannya, seperti dalam bersuci, berjalan, dan memakai sandal," (HR Muttafaq Alaih).

Keempat, membaca doa setiap memakai baju baru.Ini dia doanya, "Ya Allah, bagiMu segala puji, Engkau telah memberikan pakaian ini kepadaku. Aku memohon kepadaMu kebaikannya dan kebaikan yang tercipta baginya, dan aku berlindung kepadaMu dari keburukannya dan keburukan yang tercipta baginya ," (Shahih al-Jami).

Baca Juga: Ketika Suami Semakin Malas Menggauli Istri, Dosakah Perbuatan itu?

Dan yang terakhir, doa bagi orang yang mengenakan pakaian baru. Ummu Khalid RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah menerima hadiah baju dengan gambar-gambar warna hitam, beliau berkata, "Siapa di antara kalin yang ingin mengenakan baju ini?" orang-orang diam, dan Rasul berkata, "Panggil Ummu Khalid ke sini!"

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Makna Asmaul Husna Al Haasib, Penjelasan dari Aa Gym

Senin, 25 Oktober 2021 | 07:00 WIB
X